Peristiwa Menonjol di Jabar Saat Pandemi: Kasus Pertama-Kerumunan Habib Rizieq

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 10:46 WIB
Ilustrasi penyintas COVID-19
Ilustrasi (Foto: Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Setahun sudah pandemi COVID-19 menapaki Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Berbagai peristiwa menonjol pun terjadi dalam perjalanannya. Mulai dari temuan kasus pertama di Depok, Jawa Barat, kerumunan Habib Rizieq Shihab yang berujung pencopotan Kapolda, hingga vaksinasi COVID-19. Berikut ulasannya :

2 Maret - Kasus Pertama di Indonesia

Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu. Pasien 01 dan 02 yang diketahui memiliki hubungan ibu-anak itu terlacak di Depok, Jawa Barat (Jabar).

"Orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu," kata Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Negara, Senin (2/3).

2 Maret - RK Tetapkan Siaga Satu COVID-19

Menangkap sinyal bahaya itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil segera menetapkan status siaga satu pada hari yang sama. "Iya, kita sekarang posisinya siaga satu di Jabar," kata Kang Emil, sapaannya, di Sentul, Bogor, Senin (2/3/2020).

Pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Jabar ikut merespon penetapan status siaga tersebut. Pemerintah daerah langsung bergerak melakukan berbagai langkah mulai dari menyiapkan rumah sakit dengan fasilitas ruang isolasi hingga imbauan agar masyarakat tetap tenang.

20 Maret - Pikobar Diluncurkan

Pemprov Jabar meluncurkan aplikasi Pikobar yang menampilkan data kasus positif dan peta sebarannya di Jabar. Aplikasi ini bisa diakses masyarakat secara daring, melalui komputer atau ponsel yang tersambung ke dalam jaringan (online). Tes masif pun mulai gencar dilakukan.

23 Maret - Jabar Mengekor DKI Soal Kasus Positif COVID-19

Hingga 23 Maret, Jawa Barat menduduki posisi paling banyak kasus positifCOVID-19 kedua setelahDKI Jakarta. Kala itu,tercatata 59 kasus di Jabar, sementara diDKI Jakarta yang menjadi episentrum wabah telah menginjak angka 353 pasien.

Saksikan juga 'Jadi Tersangka Kasus Kerumunan Megamendung, Habib Rizieq Tak Masalah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4