Kilas Balik 1 Tahun Pandemi Corona di Sumut: Kasus Pertama-Vaksinasi

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 09:58 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Pandemi Corona atau COVID-19 telah terjadi selama 1 tahun di Indonesia. Setelah positif Corona pertama terkonfirmasi di Depok pada 2 Maret 2020, kasus Corona mulai menyebar, termasuk ke Sumatera Utara.

Pasien kasus Corona pertama di Sumut dirawat di Rumah Sakit Adam Malik, Medan. Saat itu, pasien tersebut dirawat dalam status pasien dalam pengawasan (PDP).

Dia kemudian meninggal pada 17 Maret 2020 masih dalam status PDP. Dari hasil pemeriksaan selanjutnya, dia dinyatakan positif Corona.

Informasi PDP di Sumut yang meninggal ini disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona saat itu, Achmad Yurianto. Dia menyebut ada satu pasien positif Corona yang meninggal di Sumut.

"DKI ada 12 yang meninggal. Jateng ada 2 kasus yang meninggal," ujar Yuri, Rabu (18/3/2020).

"Bali ada 1 yang meninggal, Banten ada 1 yang meninggal, Jabar ada 1 yang meninggal, Jatim ada 1 kasus yang meninggal, Sumut ada 1 kasus yang meninggal," sambung Yuri.

Positif Corona Capai Puluhan Ribu Kasus

Usai ada pasien positif yang dinyatakan meninggal, Pemprov Sumut mulai melakukan pengetatan kepada orang yang masuk ke Sumut. Pelacakan dan tes juga digencarkan.

Meski ada pengetatan bagi para pendatang, kasus Corona di Sumut terus bertambah. Sekitar 2 bulan setelah kasus positif pertama ditemukan, positif Corona di Sumut mencapai 200 kasus.

"Positif hari ini mencapai 200 kasus," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan, Rabu (13/5/2020).

Sekitar 1 tahun berselang, positif Corona di Sumut mencapai 24.666 kasus. Dari jumlah itu, 21.314 orang dinyatakan sembuh dan 838 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Kilas Balik Setahun Covid-19 di Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2