Pemkab Majalengka Serius Garap Potensi Terakota Jatiwangi

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 12:12 WIB
Bupati Majalengka Karna Sobahi
Foto: Bupati Majalengka Karna Sobahi (Istimewa).
Majalengka -

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam menggarap potensi terakota Jatiwangi rupanya bukan isapan jempol saja. Sejumlah cara telah disiapkan untuk membuat terakota menjadi ciri khas kota angin ini.

Upaya untuk mempopulerkan terakota Jatiwangi sudah dimulai dari pembangunan alun-alun dan beberapa area publik lainnya di Kabupaten Majalengka.

"Sejak Majalengka ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif maka kita coba bagaimana agar terakota di aplikasikan menjadi ciri khas Majalengka. Kita awali dengan membangun alun-alun Majalengka, kemudian ruang publik lainnya," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi, Minggu (28/2/2021).

Menurut Karna untuk lebih mempopulerkan terakota kepada masyarakat luas pemerintah berencana membuat pagar di seluruh kantor pemerintahan dengan unsur terakota.

Selain itu alun-alun Jatiwangi juga akan disulap. Dengan biaya yang disiapkan mencapai Rp 7,7 miliar, alun-alun kebanggaan masyarakat Jatiwangi itu akan menjadi landmark terakota Jatiwangi.

"Nanti akan dibuat pagar untuk setiap kantor dinas. Sedang kita bahas teknisnya bagaimana kantor dengan pagar terakota khas Majalengka. Kemudian alun-alun Jatiwangi juga akan kita bangun tahun ini dengan anggaran 7,7 miliar itu akan penuh dengan terakota," tegasnya.

Terakota sendiri merupakan kreasi berupa keramik, terbuat dari tanah merah yang kemudian di bentuk atau d ukir sebelum dibakar dengan waktu sekitar 8 jam. Proses pembuatan terakota ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan genteng Jatiwangi yang populer.

Karna juga menjelaskan pemerintah akan terus mengawal potensi terakota Jatiwangi melalui kebijakan-kebijakan yang ada. Dengan upaya itu diharapkan terakota mampu menyaingi genteng Jatiwangi yang sudah terkenal lebih dulu.

"Artinya ketika ini menjadi sebuah gerakan konsisten dengan kebijakan itu mudah-mudahan terakota akan bisa melebihi popularitas dari genteng Jatiwangi," ujar Karna.

"Nanti kita juga akan berusaha mendapatkan hak paten terakota Jatiwangi jadi ciri khas Majalengka," ujarnya.

Simak video 'Celebrity on Vacation: Main Air di Cikadongdong River Tubing'

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)