Curah Hujan Tinggi, Empat Desa di Majalengka Kembali Terendam Banjir

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 14:55 WIB
Banjir landa empat desa di majalengka, 26 feb 2021
Foto: Bima Bagaskara
Majalengka -

Banjir kembali terjadi di Desa Ligung, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka pada Jumat (26/2/2021). Wilayah ini memang seringkali terendam banjir saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi.

Meski kembali terendam banjir namun kali ini genangan air tidak sampai masuk ke dalam rumah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Mastaya salah seorang warga mengatakan banjir kali ini disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi pada Kamis hingga Jumat dinihari tadi.

"Tadi jam 4 pagi masih hujan deras sampai jam 6 baru air mulai menggenang. Alhamdulillahnya ga sampai masuk rumah, ga kaya yang kemarin-kemarin," kata Mastaya.

Menurutnya banjir di wilayahnya itu memang sering terjadi. Hal itu karena meluapnya sungai Cikeruh yang berada tak jauh dari pemukiman warga.

"Sering kalau hujan deras apalagi di hulunya juga hujan pasti disini ya banjir," imbuhnya.

Ada sekitar 50 rumah yang terdampak banjir di Desa Ligung khusunya di Blok Loji dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Selain di Desa Ligung, banjir juga terjadi di tiga titik lainnya di Kabupaten Majalengka yakni di Blok Senin Desa Gandu dan Blok Caringin Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan serta Desa Pangkalanpari Kecamatan Jatitujuh.

"Untuk di Kecamatan Dawuan disebabkan curah hujan tinggi yang membuat Sungai Cikoronjo meluap. Sementara di Pangkalanpari disebabkan tanggul jebol," singkat Kasi Kedaruratan BPBD Majalengka Reza Permana saat dikonfirmasi.

Lihat juga Video: Nekat Terobos Banjir di Majalengka, Mobil Terbakar

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)