Puluhan Warga Majalengka Mendapatkan Operasi Karatak Gratis

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 14:37 WIB
Puluhan warga tak mampu mendapat operasi katarak gratis dari Pemkab Majalengka
Puluhan warga tak mampu mendapat operasi katarak gratis dari Pemkab Majalengka (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar operasi katarak gratis bagi warga tidak mampu. Bakti sosial itu dilakukan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RS Mata Cicendo dan PERDAMI Jabar di Puskesmas Cigasong pada Kamis (25/2/2021).

Ada 50 warga yang mengikuti baksos operasi katarak. Mereka yang datang merupakan warga yang berasal dari wilayah utara Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan jika operasi katarak bagi warga kurang mampu merupakan program rutin Pemkab Majalengka yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

"Program katarak ini tentu sudah program rutin sejak beberapa tahun lalu jadi ini untuk kesekian kalinya. Kegiatan ini akan dilakukan tiap tahunnya di beberapa tempat berbeda," kata Karna saat diwawancarai wartawan.

Menurutnya penyakit katarak banyak dialami oleh masyarakat Kabupaten Majalengka. Namun banyak juga masyarakat yang menganggap penyakit itu awalnya penyakit biasa.

Sehingga kata dia, Pemkab Majalengka meminta petugas Puskesmas turun langsung mendatangi masyarakat untuk mengetahui langsung kondisi terkini kesehatan masyarakat.

"Kasusnya banyak tapi tidak kita ketahui, masyarakat awalnya menganggap biasa jadi kita yang datangi. Ada program puskesmas untuk mengetahui faktual apa yang dialami masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Gandana Purwana menambahkan saat ini sedikitnya ada 1.200 warga Kabupaten Majalengka yang mengidap katarak yang sebagian besar adalah para lansia.

"Di Kabupaten Majalengka sendiri, pengidap penyakit katarak berjumlah 1.200 orang. Penyakit ini akan ada terus, selagi masih adanya para lansia. Semakin umurnya tua, orang akan semakin rentan memiliki penyakit katarak ini," ucap Gandana.

Untuk itu kata dia kegiatan serupa akan kembali dilakukan pada bulan Juni mendatang dengan menyasar masyarakat di wilayah Selatan Majalengka.

"Untuk selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan Juni di Bantarujeg. Pemerintah akan semakin pro aktif terhadap kegiatan semacam ini agar masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala," pungkasnya.

Lihat juga Video: Teknologi Semi-Robotic Surgery Permudah Operasi Katarak dan Retina

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)