Pelantikan 5 Kepala Daerah di Jabar, Jalan Asia Afrika Bandung Ditutup

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 09:49 WIB
Gedung Merdeka jadi tempat pelantikan kepala daerah di Jabar
Foto: Gedung Merdeka jadi tempat pelantikan kepala daerah di Jabar (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung - Jalan Asia-Afrika ditutup sementara selama pelantikan lima kepala daerah di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Jumat (26/2/2021). Penutupan dilakukan oleh jajaran kepolisian dan Dishub Kota Bandung.

Pantauan detikcom, di luar Gedung Merdeka terlihat deretan karangan bunga ucapan selamat atas pelantikan lima kepala daerah. Sementara itu, kerabat dan simpatisan dari para kepala daerah menunggu di luar gedung yang juga menjadi saksi sejarah Konferensi Asia-Afrika.

Upacara pelantikan dilakukan secara terbatas di dalam Gedung Merdeka. Para awak media pun hanya bisa menyaksikan prosesi pelantikan melalui tayangan live streaming yang disediakan oleh Humas Provinsi Jawa Barat.

Seperti diketahui, ada lima pasangan calon kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada 2020 akan dilantik hari ini. Lima pasangan tersebut berasal dari Kabupaten Karawang, Sukabumi, Pangandaran, Indramayu dan Kota Depok.

Seperti diketahui, Pilkada Pangandaran dimenangkan pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan. Paslon petahana ini unggul dengan meraih 51,87%.

Di Kabupaten Indramayu, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nina Agustina-Lucky Hakim menang dengan memeroleh 36,76%. Pasangan ini mengungguli pasangan Daniel Mutaqien-Taufik (28,48%), Muhamad Sholihin-Ratnawati (26,15%) dan Toto Sucartono-Deis Handika (8,61%).

Untuk Kabupaten Sukabumi, pasangan Marwan Hamami-Iyos Somantri unggul 479.621 suara. Disusul pasangan nomor urut satu Adjo Sardjono-Iman Adinugraha dan Abubakar Sidik-Sirojudin.

Selanjutnya, pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh menang dengan memeroleh 678.871 suara (60,05%). Perolehan ini diikuti paslon Ahmad Zamaksyari-Yusni Rinzani dengan 322.046 suara (28,487%) dan Yesi Karya Lianti-Ahmad Adly Fairuz memperoleh 129.547 suara (11,45%).

Di Kota Depok dimenangkan oleh pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono yang meraih 415.657 suara (55,45%). Idris-Imam berhasil mengalahkan Pradi-Afifah yang meraih 332.689 suara (44,45%).

Tiga daerah lainnya yang juga menyelenggarakan pemilu, akan dilantik pada waktu yang berbeda. Alasannya di Kabupaten Cianjur masa jabatan bupati dan wakil bupati baru berakhir 23 Mei 2021. Sedangkan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya masih dalam proses penyelesaian sengketa pilkada.

Lihat video saat 'Momen Gibran Rangkabuming Dilantik Jadi Wali Kota Solo

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)