Ada Ruang Pelayanan Setia di Mapolresta Cirebon, Apa Fungsinya?

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 21:29 WIB
Ruang Konsultasi Hukum di Cirebon
Ruang Pelayanan Setia di Mapolresta Cirebon. Ruangan ini sebagai tempat konsultasi untuk masyarakat yang ingin melaporkan dugaan tindak pidana. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Kini ada Ruang Pelayanan Setia di Cirebon. Lokasinya di Mapolresta Cirebon. Apa fungsi ruangan tersebut?

Polresta Cirebon membangun ruangan konsultasi bagi masyarakat yang ingin melaporkan dugaan tindak pidana. Ruangan itu bernama Ruang Pelayanan Setia.

Lokasi ruangannya berada di depan ruang Kasat Reskrim Polresta Cirebon. Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan Ruang Pelayanan Setia diperuntukkan sebagai ruang konsultasi bagi masyarakat yang akan melaporkan permasalahan ke Sat Reskrim Polresta Cirebon.

Karenanya, sebelum membuat laporan polisi masyarakat dapat konsultasi terlebih dahulu kepada petugas, apakah pengaduan yang akan dilaporkannya memenuhi unsur-unsur pidana atau tidak. "Masyarakat dapat mempertimbangkan saran dan masukan dari petugas jika kasusnya tidak memenuhi unsur pidana," kata Syahduddi di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

"Ini juga menjadi upaya Sat Reskrim Polresta Cirebon untuk mengakomodir seluruh kepentingan dan keluhan masyarakat. Dari mulai laporan tentang kasus tindak pidana, dan mungkin juga permasalahan mengenai keluhan terhadap penyidik," dia menambahkan.

Syahduddi menjelaskan pelayanan konsultasi masyarakat sering kali dilaksanakan sebelumnya. Namun, kegiatan tersebut belum dipusatkan di satu ruangan khusus seperti Ruang Pelayanan Setia.

"Konsultasi dan konseling sebelumnya hanya dilakukan oleh penyidik. Kita akan sosialisasikan ke masyarakat," katanya.

"Nanti ada petugas khusus yang ditunjuk untuk siaga dan menerima laporan pengaduan dari masyarakat. Kami juga memastikan aspek protokol kesehatannya akan diterapkan secara ketat," tutur Syahduddi.

(bbn/bbn)