Langgar Ganjil Genap Bogor, Pengendara Moge: Kami Memohon Maaf

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 20:27 WIB
Pengendara Moge Pelanggar Ganjil Genap Bogor
Pengendara moge yang melanggar ganjil genap di Kota Bogor dikalungi 'Pelanggar PPKM'. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Konvoi motor gede (moge) sempat menghebohkan karena lolos pemeriksaan ganjil genap dan surat antigen di Bogor. Tiga dari 12 pengendara moge itu ditetapkan sebagai pelanggar aturan ganjil genap yang diterapkan Pemkot Bogor.

Salah satu pengendara yang diamankan mengaku kalau ia dan teman-temannya hendak ke Puncak Bogor dan tidak tahu ada aturan ganjil genap di Kota Bogor. "Seperti tadi disampaikan memang dalam hal ini kami tidak tahu ada pemberlakuan itu (aturan ganjil genap). Kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat di Indonesia," kata Harvadi, salah satu pengendara moge yang melanggar, saat ditemui di Balaikota Bogor, Sabtu (13/2/2021).

"(Tujuan kemarin) Ada giat saja, kumpul di Puncak," kata dia singkat ketika ditanya terkait tujuannya ke Bogor.

Harvadi menyebut, ia dan dua rekannya sudah menjalani sanksi yang diberikan oleh Satgas COVID-19 Kota Bogor. Mewakili teman-temannya, Harvadi juga meminta maaf kepada Pemkot Bogor, Polresta Bogor Kota dan Satgas COVID-19.

"Pertama-tama kami mewakili teman-teman, memohon maaf kepada Pemerintah Kota Bogor, bapak wali kota, kemudian bapak kapolres dan juga aparat Satgas Covid di Kota Bogor, atas ketidaknyamanan yang kami timbulkan pada kegiatan kami pada Jumat pagi, Kami memohon maaf," tutur Harvadi mewakili rekan-rekannya.

"Sebagai warga negara yang taat hukum dan juga sama di mata hukum semuanya, kami juga menjalankan sanksi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bogor, ini juga menjadi pembelajaran bagi kami semua," ujar Harvadi menambahkan.

Tiga pengendara moge diganjar sanksi denda Rp 250 ribu karena melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mereka dikalungi papan dengan tulisan 'PELANGGAR PPKM'.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan ada tiga pengendara yang diamankan dari total 12 pengendara moge yang melintas pada Jumat (12/2). Ketiganya diamankan karena mengendarai motor bernopol ganjil di tanggal genap.

"Setelah viral kejadian tersebut tim dari Polresta Bogor Kota berusaha mengumpulkan semua video-video dan sebagainya. Maka sekitar dini hari pukul 01.00 WIB (Sabtu), kami berhasil mengidentifikasi serta mengumpulkan semua 12 pengendara dan diidentifikasi tiga orang menggunakan pelat ganjil," ucap Susatyo.

(bbn/bbn)