Cerita Ibu Muda Sukabumi Melahirkan 3 Bayi Kembar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 17:15 WIB
Bayi Kembar di Sukabumi
3 bayi kembar di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Puti Ayu (23), ibu muda asal Kampung Marinjung Hilir, Kabupaten Sukabumi, berona bahagia. Ia melahirkan tiga bayi pria kembar di RSUD Sekarwangi Sukabumi. Poses persalinan berlangsung dengan operasi caesar

Feri Ferdinan (34), suami Puti, mengatakan kondisi kehamilan kembar tiga awalnya diketahui saat usia kehamilan istri memasuki usia enam bulan. Saat itu Puti sempat shock dan menghindari keramaian. Dia lebih memilih menyendiri karena kaget dengan jumlah bayi kembar dalam kandungannya.

"Awalnya normal biasa pas diperiksa USG pertama, usia tiga bulan hanya ketahuan satu, ketika masuk usia kehamilan lima bulan ketahuan dua. Ketika masuk enam bulan baru ketahuan ada tiga," kata Feri kepada detikcom di kediamannya, Kampung Marinjug Hilir, RT 4 RW 3, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Senin (8/2/2020).

"Begitu dapat kabar kembar tiga, istri saya langsung ngedrop enggak mau komunikasi dengan siapa pun. Murung gitu di kamar padahal biasanya sering keluar. Terus ada yang nanya malu punya anak banyak gitu," tutur Feri menambahkan.

Kondisi itu dialami juga oleh Feri. Ia mengaku kaget karena melihat kondisi sang istri. Berat badan istrinya juga terus bertambah, mulai dari awal 43 kilogram naik menjadi 79 kilogram. Saat akan melahirkan kondisi fisik istrinya melemah dan sering dilanda pusing serta muntah-muntah.

"Hari Sabtu langsung muntah-muntah hebat dan panas dingin. Kepalanya pusing. Ketika dibawa ke rumah sakit, katanya keracunan. Tapi enggak ngerti keracunan apa, sampai nunggu di Rumah Sakit Palabuhanratu, katanya ruang operasinya ditutup dulu karena COVID-19. Sampai menunggu rumah sakit yang mau menerima, saya juga panik karena istri saya kondisinya kritis pas di Palabuhanratu," tutur Feri.

"Jam tiga subuh ke Rumah Sakit Sekarwangi ditangani. Lahirannya masing-masing beda dua menit, hari Selasa (2/2)," dia melanjutkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2