Terdampak Pandemi COVID-19, UKM Pangandaran Perlu Dukungan

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 16:09 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Pangandaran - Mayoritas pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Pangandaran selama ini kurang tersentuh dukungan, baik dari pemerintah dan lembaga lainnya. Padahal potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dimiliki Kabupaten Pangandaran cukup tinggi, terutama usaha yang bergerak di bidang agrobisnis dan kelautan.

"Itulah sebabnya kami bertekad untuk bangkit memperkuat lembaga untuk selanjutnya berkiprah mendorong kemajuan pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Pangandaran," kata Caretaker Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Pangandaran Yayan Sugiantoro usai menggelar pertemuan dengan pengurus Karang Taruna Pangandaran di Kecamatan Parigi, Pangandaran, Kamis (4/2/2021).

Meski enggan menjelaskan dengan rinci, Yayan mengakui organisasi Kadin saat ini tengah mengalami sedikit permasalahan. "Kami tak ingin membahas itu, namun kami lebih fokus kepada langkah dan kiprah nyata Kadin untuk menjadi mitra pemerintah membantu pelaku usaha," kata Yayan.

Terlebih di tengah dampak buruk ekonomi akibat pandemi COVID-19, para pelaku usaha di Pangandaran sangat membutuhkan dukungan. "Kadin harus hadir di tengah kesulitan yang dialami para pelaku usaha akibat Pandemi, makanya kami segera melakukan konsolidasi organisasi agar bisa segera bergerak. Termasuk bersilaturahmi dengan Karang Taruna, ini menjadi bagian langkah persiapan kami," tutur Yayan.

Menurut Yayan, Karang Taruna menjadi mitra strategis bagi Kadin karena merupakan wadah pemuda yang diharapkan menjadi pelaku dan penggerak ekonomi kreatif. "Kami pun akan segera menggelar musyawarah Kadin tingkat Kabupaten agar Kadin bisa segera bergerak," kata Yayan.

Ketua Karang Taruna Pangandaran Dede Supratman menyatakan apresiasi atas langkah Kadin Pangandaran yang mulai melakukan pergerakan untuk mendukung pelaku UKM yang tengah kelimpungan akibat dampak pandemi COVID-19. "Ini selaras dengan program karang taruna yakni mengembangkan ekonomi kreatif pemuda dan kewirausahaan," ucap Dede. (bbn/bbn)