Jorok! Belasan Karung Sampah Medis Dibuang di Lahan Kosong

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 18:28 WIB
Petugas memeriksa belasan karung sampah medis yang dibuang di lahan kosong, Kabupaten Bogor.
Petugas memeriksa belasan karung sampah medis yang dibuang di lahan kosong, Kabupaten Bogor. (Foto: istimewa)
Kabupaten Bogor -

Belasan karung sampah medis ditemukan di lahan kosong Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Selasa (2/2/2021). Limbah medis tersebut berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan masker bekas pakai.

"Kami dapat laporan warga bahwa ada temuan sampah medis. Kemudian kita koordinasi dengan kepolisian, TNI, puskesmas, langsung datangi lokasi hari ini. Kita cek betul itu (sampah medis)," kata Camat Tenjo, Kurnia Indra dikonfirmasi detikcom, Selasa (2/2/2021).

Kurnia menyebut karung berisi APD dan masker bekas pakai serta bungkus obat. "Isinya macam-macam, ada APD, bekas obat, masker. Kalau jarum suntik kayaknya tidak ada. Kalau soal apakah sampah medis itu bekas digunakan untuk penanganan Covid atau bukan, itu saya nggak tahu itu. Saya nggak berani simpulkan," tutur Kurnia.

Sampah medis tersebut, lanjut Kurnia, ditemukan terbungkus dalam 17 karung plastik yang diduga sengaja dibuang di lahan kosong yang tak jauh dari akses yang biasa dilalui warga. "Sampah medis itu terbungkus 17 karung, jadi ada 17 karung plastik. Isinya sampah medis. Lokasi temuannya di lahan kosong, tapi karena dekat dengan jalan warga jadi kelihatan itu karung-karungnya. Di lokasi tidak ada sampah lain selain itu," ujarnya.

"Informasi itu ditemukan sekitar tiga hari lalu, kita koordinasi untuk lakukan tindakan dan hari ini kita eksekusi," kata Kurnia menambahkan

Pihaknya belum bisa memastikan asal usul sampah medis tersebut. Ia masih menunggu informasi lanjutan.

"Dugaan sih itu dari luar Tenjo. Karena di sini kan tidak ada tempat isolasi atau rumah sakit khusus penanganan Covid. Tapi kepastiannya kira tunggu informasi lanjut," ucap Kurnia.

(bbn/bbn)