Tuntut Pembayaran Investasi Pohon Jabon, Massa Geruduk Kantor PT GMN

ADVERTISEMENT

Tuntut Pembayaran Investasi Pohon Jabon, Massa Geruduk Kantor PT GMN

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 18:55 WIB
Nasabah Pohon Jabon Demo
Puluhan orang menggeruduk kantor PT Global Media Nusantara (Global Agrobisnis) di Jalan Terusan Jakarta Nomor 175, Antapani, Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Owner PT GMN Wira Pradana mengatakan IGIST merupakan bisnis menanam pohon yang memang hasil pohonnya tidak sesuai harapan. "IGIST ini merupakan bisnis menanam pohon yang memang hasil pohonnya tidak sesuai harapan. Kami tidak dapat memastikan hasil atau menjamin hasil, semua sesuai dengan hasil dari kondisi pohonnya, dan ini bukan sektor riil, menanam pohon bukan investasi atau sektor keuangan," kata Wira saat dikonfirmasi detikcom.

Menurut Wira sejauh ini perusahaan telah menjalankan mekanisme pemulihan resiko dan sudah membayar hampir Rp 22 miliar kepada para mitra pohon. "Di sertifikat dan akad yang disetujui semua penanaman pohon sangat jelas klausal-klausalnya bagaimana," kata Wira.

Wira mengatakan sedianya perusahaan tak keberatan untuk membayarkan hasil investasi jika mitra pohon mau dibayar sesuai dengan kondisi pohon apa adanya. "Kami bisa memfasilitasi sesuai dengan akad dan sertifikat, tetapi kalau mau ikut program recovery risiko yaitu produk kayunya diolah dulu, baru dijual atau dikombinasi dengan bisnis-bisnis recovery perusahaan maka harus mengikuti mekanisme antrean pembayaran," katanya.

"Artinya pembayaran menyesuaikan dengan penjualan produk, tidak ada jaminan waktu, sesuai dengan penjualan. Tetapi ini harapan untuk bisa memulihkan kerugian hasil pohon yang tidak sesuai harapan," ujar Wira.


(yum/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT