Vaksinasi Tahap Dua, Bupati-Wabup Bandung Barat Tak Masuk Daftar

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 10:27 WIB
Risa Saraswati ikut kick off penyuntikan vaksin COVID-19 di RSKIA Kota Bandung. Novelis sekaligus YouTuber itu sempat mengacungkan dua jarinya saat disuntik.
Ilustrasi suntik vaksin (Foto: Wisma Putra)
Bandung Barat -

Pemkab Bandung Barat melanjutkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk Forkopimda dan tenaga kesehatan, Kamis (28/1/2021).

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Wabup Bandung Barat Hengky Kurniawan tak masuk daftar vaksinasi. Keduanya tak memenuhi syarat untuk menjadi penerima vaksin.

"Hari ini vaksinasi tahap dua, tapi sama seperti tahap pertama, pak bupati dan wakil enggak akan divaksinasi. Pak bupati kan penyintas, kalau pak wakil sudah jadi relawan vaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Hernawan Widjajanto.

Selain itu, Sonya Fatmala, istri Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, yang sebelumnya dijadwalkan akan menerima vaksinasi juga gagal karena tak terdaftar dalam sistem.

"Kalau bu Sonya itu enggak juga (divaksinasi), karena tahap pertama kan enggak terdaftar. Jadi mungkin nanti pribadi atau seperti apa, perlu koordinasi lagi," tutur Hernawan.

Unsur pimpinan Forkopimda Bandung Barat yang bakal menjalani vaksinasi tahap dua di antaranya ketua DPRD, sekretaris daerah, Kemenag, perwakilan MUI, perwakilan profesi, dan yang lainnya.

"Hari ini yang udah jelas Pak Sekda, Kemenag, sama perwakilan MUI. Ketua DPRD belum tahu juga seperti apa, belum ada konfirmasi ke kita. Kalau enggak semua hari ini, bisa besok. Harusnya sih sekarang karena sudah 14 hari, tapi memang menyesuaikan kegiatan mereka," ujar Hernawan.

Dia menjelaskan saat ini tidak ditemukan Kasus Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dari Forkopimda dan tenaga kesehatan. "Sampai saat ini engga ada yang sakit atau KIPI, semua sehat alhamdulillah," kata Hernawan.

(bbn/bbn)