Sampah Pantai Labuan Menumpuk, DPRD Pandeglang: Harus Ada Sanksi Tegas

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 15:07 WIB
Sampah di Pantai Labuan Pandeglang
Penampakan sampah di pantai Labuan Pandeglang (Foto: Rifat Alhamidi)
Pandeglang -

DPRD Pandeglang mendorong adanya sanksi tegas untuk mengurai permasalahan sampah di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Banten yang sudah akut. Itu dilakukan, agar warga setempat bisa lebih peduli dalam menjaga kondisi di lingkungan sekitarnya.

"Ya, perlu ada sanksi yang tegas dari pemerintah. Kita kan punya perdanya, tinggal dimaksimalkan saja," kata Ketua DPRD Pandeglang Tubagus Udi Juhdi saat dihubungi detikcom di Pandeglang, Banten, Kamis (21/1/2021).

Politisi Partai Gerindra ini beralasan, penerapan sanksi itu bisa menjadi opsi supaya masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan. Disamping, pemerintah juga ikut menyediakan fasilitas seperti bak sampah untuk membiasakan masyarakat ke arah yang positif.

"Karena ketika terjadi penyumbatan misalnya, bahkan sampai menyebabkan banjir, kan yang dirugikan bukan orang jauh dulu. Tapi, masyarakat setempat yang akan terkena dampak besarnya," ujar Udi.

"Makanya, saya berharap penangan sampah Teluk (Pantai Labuan) bisa dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat untuk sama-sama mencari solusinya. Fungsi pemerintahnya dijalankan, dan masyarakat juga bisa tertib menjaga kondisi lingkungannya," tambahnya.

Sebelumnya, puluhan ton sampah terlihat menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Desa Teluk, Pandeglang, Banten. Selain menutupi bibir pantai, sampah juga telah mencemari lautan karena dibiarkan begitu saja sejak beberapa tahun silam.

Pantauan detikcom, tumpukan sampah berbagai jenis mulai dari plastik, styrofoam, sampah domestik, bahkan pakaian hingga bantal, ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga sekitar yang mengadu nasib di tempat pelelangan ikan tersebut. Mereka pun terbiasa melakukan aktivitas seperti menjemur ikan asin dan melaut meskipun bau tumpukan sampah amat menyengat ke indra penciuman.

Kondisi Pantai Labuan akhirnya menarik perhatian dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Rabu (20/1/2021) kemarin, rombongan para pejabat kementerian ini langsung turun tangan ikut mencarikan solusi permasalahan sampah di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Pandeglang, Banten.

(mud/mud)