Brrr... Suhu di Bandung Lebih Dingin, Begini Penjelasan BMKG

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 16:35 WIB
Thermometer on snow shows low temperatures under zero. Low temperatures in degrees Celsius and fahrenheit. Cold winter weather twenty under zero.Thermometer on snow shows low temperatures under zero. Low temperatures in degrees Celsius and fahrenheit. Cold winter weather twenty under zero.
Ilustrasi suhu dingin (Foto: iStock)
Bandung -

Suhu Kota Bandung terasa lebih dingin sejak pagi hari ini, Selasa (19/1/2021). Suhu di Kota Bandung terpantau berada di kisaran 24 derajat Celcius pada pukul 15.00 WIB. Mengapa bisa demikian?

Prakirawan BMKG Klas IIA Bandung Yan Firdaus Permadhy mengatakan penyebab dinginnya suhu di Kota Bandung dikarenakan mulai masuknya puncak musim hujan. Biasanya dalam fase ini, hujan sering terjadi saat dini hari hingga pagi hari.

"Hujan yang terjadi pada dini hari akan semakin menurunkan suhu permukaan bumi, karena beberapa hal seperti permukaan bumi sendiri mencapai suhu terendahnya pada dini hari di Pulau Jawa," ujar Yan saat dihubungi, Senin (19/1).

Menurut Yan, sejatinya air hujan ialah es yang mencair. Ketika turun ke permukaan bumi, air hujan tersebut akan mendistribusikan panas di permukaan, sehingga temperatur permukaan akan menurun.

"Panas yang terdistribusi tersebut terjadi secara merata, secara vertikal. Apabila tidak merata, yang terjadi sebaliknya, kelembapan di permukaan meningkat dan akan semakin terasa hangat ketika hujan selesai turun," tuturnya.

Ya mengatakan kemungkinan suhu udara akan mencapai titik minimum pada puncak musim hujan yang akan berlangsung hingga awal Maret 2021 nanti. "Pada puncak musim hujan kemungkinan suhu minimum akan stabil di 19-20 derajat Celcius," kata Yan.

Tonton juga 'Anak Muda Bandung Dirikan Sekolah Cukur untuk Pengangguran':

[Gambas:Video 20detik]

(yum/bbn)