4 Ribu Orang di Jabar Sudah Divaksinasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 16:46 WIB
Risa Saraswati ikut kick off penyuntikan vaksin COVID-19 di RSKIA Kota Bandung. Novelis sekaligus YouTuber itu sempat mengacungkan dua jarinya saat disuntik.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Program vaksinasi di Jawa Barat sudah dilakukan. Tercatat sejak beberapa hari berlalu, sudah ada ribuan warga mendapatkan vaksin.

"Angka yang sudah divaksin ada 4.070 orang. Sudah divaksin dari sejak tanggal 14 Januari," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Kang Emi --sapaan Ridwan-- mengatakan program vaksinisasi di Jabar di tujuh daerah berjalan lancar. Namun, masih ada kendala salah satunya dari manajemen data penerima vaksin.

Menurut Emil, dari data 100 persen penerima vaksin yang dipilih melalui SMS ini tidak semuanya hadir melakukan vaksinisasi. Hal ini, kata dia, menyulitkan lantaran data penerima vaksin tersebut dari pemerintah pusat.

"Jadi dari 100 persen yang harusnya datang itu tidak semuanya datang. Jadi nanti yang kita akan sinkronisasi dengan pemerintah pusat agar pemerintah daerah Jabar diberi kewenangan lebih besar untuk mengelola siapa yang divaksin atau tidak. Supaya kami mudah melacak. Karena datanya ada di pemerintah pusat, kami nggak tahu. Karena kami nggak tahu, maka kami nggak bisa melakukan pertolongan," tutur Emil.

"Nah ini harus kita cari tahu agar nanti manajemen vaksinasi untuk masyarakat umum di tahap tiga atau empat hadir ya," ucap dia menambahkan.

Masih soal vaksin, Emil mengatakan, sejumlah tokoh masyarakat di Jabar juga batal menerima vaksin. Hal ini karena terkendala teknis, salah satunya mengenai tensi darah.

"Kemudian juga dari tokoh masyarakat ada 90 yang ditargetkan. Jadi target sekian puluh ada 21 orang yang ditunda menunggu," kata Emil.

Tonton video 'RK: Tingkat Kesembuhan di Jabar Turun Karena Kasus Aktif Naik':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)