Sempat Gagal Gegara Durian, Walkot Serang Divaksinasi Bersama Kepala OPD

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 17:19 WIB
Wali Kota Serang Syafrudin akan setop PSBB
Wali Kota Serang Syafrudin (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Wali Kota Serang Syafrudin jadi kepala daerah yang gagal divaksinasi pertama bersama seluruh kepala daerah se-Banten pada Kamis, (14/1) kemarin. Tensi darahnya meninggi karena ia mengaku habis makan durian.

Rencana vaksinasi orang nomor satu di Kota Serang ini berlangsung Senin (18/1) nanti. Vaksinasi diawali oleh 10 orang yang di antaranya kepala Organisasi Perangkat Daerah OPD (OPD) dan Forum Komuniasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

"Divaksinasi hari Senin direncanakan, tetapi itu bisa berubah apabila tekanan darah beliau tidak stabil," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kota Serang Hari Pamungkas berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (15/1/2021).

Untuk tempat, Pemkot merencanakan di RS Sari Asih atau di RSUD Kota Serang. Forkompinda yang disuntik adalah Kapolres Serang Kota, Kepala Pengadilan. OPD termasuk Dinas Kesehatan dan OPD yang berkaitan pelayanan publik.

Namun, Hari mengatakan Wakil Wali Kota Subadri Ushuludin kemungkinan jadi orang yang tidak divaksinasi. Wawali sendiri memiliki riwayat kesehatan yang tidak memenuhi syarat vaksinasi.

"Pak wakil punya gangguan karena yang berhak mendapatkan vaksin salah satunya adalah tidak pernah gangguan jantung kan beliau sudah operasi jantung. Ini kan juga menjadi halangan untuk beliau divaksinasi. Kalau melihat riwayat jantungnya tidak diperkenankan," ujar Hari.

Kota Serang jadi daerah yang pertama menerima jatah vaksin dari Pemprov Banten. Daerah ini menerima 3.380 vaksin yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Vaksinasi dimulai pekan depan di 33 fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas dan rumah sakit.

Simak video 'Tensi Tinggi, Wali Kota Padang Batal Disuntik Vaksin Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)