36 Hektare Sawah di Ciamis Rusak Diserang Hama Tikus

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 14:06 WIB
Sawah di Ciamis diserang hama tikus.
Foto: Sawah di Ciamis diserang hama tikus (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Hama tikus menyerang area persawahan di Desa Cijulang, Kecamataan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya 36 hektar sawah secara merata mengalami kerusakan, kondisinya banyak yang gundul.

Petani setempat Soleh (30) mengatakan dalam setahun ini dari dua musim panen tidak pernah mendapat hasil memuaskan akibat serangan hama tikus. Alhasil, Soleh mengalami kerugian, karena modal awal menanam sebesar Rp 1,5 juta per musim tidak terganti.

"Sebelum ada serangan hama tikus, hasil panen bisa sampai 7 kuintal dari 100 bata sawah. Tapi sekarang paling hanya mendapat 1 kuintal. Karena padi banyak yang mati dan dimakan tikus," ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/2/2021).

Menurut Soleh, hama tikus kali ini cukup bandel. Sempat mendapat bantuan racun tikus dari Dinas Pertanian Ciamis tapi tidak berhasil mengatasi hama hewan pengerat itu. Karena racun tikus yang diberikan terbatas sehingga tidak maksimal dalam mengatasi hama ini.

"Harapannya bantuan itu secara berkala agar hama bisa teratasi. Selama ini dalam dua kali panen kami terus merugi. Ditambah lagi dengan kondisi Pandemi COVID-19," jelasnya.

Bendahara Kelompok Tani Makar 4 Dusun Cikole Kulon Ede Abdulrohman menyatakan luas area persawahan yang terkena serangan hama tikus sebanyak 36 hektar. Kondisi ini sudah terjadi sekitar 2-3 musim panen.

"Kondisinya, tanaman banyak yang gundul. Punya saya pun 450 bata padinya banyak yang rusak, sehingga panen tidak maksimal," ucapnya.

Menurut Ede, bantuan petasan asap untuk mematikan tikus dari Dinas Pertanian dinilai kurang efektif. Karena saat ini tikus masih terus merusak tanaman padi.

"Semoga ada solusi lain untuk mengatasi hama tikus ini agar ke depan petani tidak merugi. Juga berharap ada bantuan kepada petani yang terserang tikus," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis Budi Wibowo menyatakan pihaknya terus berupaya membantu petani dengan memberikan racun tikus untuk mengatasi persoalan itu.

"Persediaan racun tikus ada dan sedang disalurkan, kami akan membantu petani semaksimal mungkin," ujarnya.

Lihat juga video 'Gegara Hama Tikus, Petani di Konawe Selatan Gagal Panen':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)