Gelar Simulasi, Begini Alur Penyuntikan Vaksin COVID-19 di Kota Cimahi

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:32 WIB
Simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Cimahi
Foto: Simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Cimahi (Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan simulasi penyuntikan vaksin Sinovac untuk COVID-19 yang kick off-nya dijadwalkan bakal dilakukan serentak Kamis (14/1/2021) pukul 08.00 WIB.

Simulasi penyuntikan vaksin dilakukan di Puskesmas Cimahi Tengah. Tujuannya sendiri yakni untuk mengetahui alur dan waktu sejak pendaftaran hingga selesai dan menerima surat vaksin.

"Kita melihat apakah alurnya berjalan dengan baik. Kemudian waktu berapa lama seorang divaksin. Tidak boleh lebih dari 15 menit, karena setelahnya menunggu 30 menit. Tidak boleh ada penumpukan," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Alur vaksinasi yang dilaksanakan di tiga titik di Cimahi yaitu Puskesmas Cimahi Tengah, RSUD Cibabat, dan RS Dustira. Berdasarkan rencana prosesnya diawali dengan pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan terakhir pencatatan dan observasi.

Dalam sehari setiap faskes (fasilitas kesehatan) yang melaksanakan vaksinasi melayani sekitar 45-60 orang. Pelaksanaan vaksin dibagi menjadi tiga sesi, di mana setiap sesi petugas akan menyuntik vaksin Sinovac pada 15 orang.

"Misalnya di Puskesmas Cimahi Tengah ada total 31 orang pegawai, nah dalam 2 hari mudah-mudahan selesai ditambah nakes dari faskes lainnya," bebernya.

Hingga saat ini belum semua tenaga kesehatan berhasil melakukan registrasi untuk vaksinasi setelah mendapatkan SMS blast. "Ini belum semua berhasil registrasi. Mau milih di tempat pelayanan dan jam berapa diatur sistem," jelasnya.

Kota Cimahi sendiri mendapatkan jatah 3.880 bulk vaksin Sinovac yang tiba pada Selasa (12/1/2021) pukul 14.15 WIB. Saat ini vaksin masih disimpan di gudang vaksin Dinkes Cimahi.

Setelah menjalani penyuntikan vaksin pada tahap pertama, penerima vaksin bakal menjalani penyuntikan vaksin COVID-19 tahap ke dua 14 hari berselang.

"Kita upayakan (vaksinasi) tahap satu selesai sebelum tahap ke dua. Nanti yang disuntiknya itu 10 orang pejabat PemkotCimahi,Forkopimda, organisasi profesi, serta TNI-Polri. Baru setelah itu nakes,"tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2