Positif Corona, Bupati Bandung Barat Akan Jalani Terapi Plasma

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 14:00 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Aa Umbara (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan istrinya Yuyun Yuningsih Umbara dinyatakan positif COVID-19. Keduanya menunjukkan gejala klinis hingga sempat kritis selama beberapa hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Asep Sodikin namun saat ini kondisi keduanya sudah membaik namun masih dalam tahap recovery. Aa Umbara dan istri hanya menjalani isolasi mandiri selama positif COVID-19.

"Pak Bupati dengan istri terpapar COVID-19. Ada gejala klinis, jadi mereka diuji berbicara selama 20 menit tanpa henti ternyata tidak ada batuk. Tapi saat durasi bicara ditambah, ternyata ada batuk-batuknya," ungkap Asep kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Untuk mempercepat recovery dari paparan COVID-19, Umbara dan istri dikabarkan akan menjalani terapi plasma dari orang yang terpapar COVID-19 namun sudah sehat.

"Untuk recoverynya diusahakan dengan terapi plasma yang pernah terpapar COVID tapi sehat. Alhamdulillah sudah didapat, karena harus ada kesesuaian golongan darah," jelas Asep.

Namun pihaknya belum mengetahui dari mana sumber penularan terhadap Aa Umbara dan istrinya. "Masih ditelusuri darimana sumber penularannya, karena kemarin saat saya hubungi Pak Bupati enggak bicara banyak," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan Widjajanto menambahkan pihaknya sudah melakukan screening dan tracing kontak erat dengan Aa Umbara dan istrinya. Hasilnya ada 52 orang yang langsung menjalani rapid test antigen.

"Kontak erat terdekat dari keluarga dan tim Bupati ada 52 orang, mereka sudah rapid test antigen dan hasilnya sampai saat ini negatif," katanya (mud/mud)