Kewalahan Tangani Corona, Dinkes Kuningan Rekrut 185 Petugas Tracing

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 14:13 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Kuningan -

Terus munculnya kasus baru virus Corona atau COVID-19 yang tersebar di berbagai kecamatan membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuningan kewalahan menelusuri atau tracing terhadap kontak erat pasien positif. Hal itu disebabkan karena minimnya petugas yang melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif COVID-19.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kuningan Denny Mustafa mengatakan biasanya penelusuran kontak erat pasien positif dilakukan oleh petugas puskesmas. "Selama ini kurang sekali karena dilakukan oleh tenaga yang ada di puskesmas, baik itu bidan maupun perawat yang diberi tugas tambahan," kata Denny kepada detikcom, Jumat (8/1/2021).

Padahal, menurut dia, seorang petugas tracing memiliki tanggung jawab yang besar. Selain mencari tahu kontak erat, mereka juga diharuskan mengawasi pasien positif yang melakukan karantina mandiri.

"Mereka mencari kontak erat dan melakukan pengawasan terhadap pasien yang isolasi mandiri, melakukan pemeriksaan swab dan mengirim hasilnya. Enggak semua orang mau jadi petugas tracing ini," ucap Denny.

Selanjutnya
Halaman
1 2