1 Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 13:33 WIB
Rumah Ambruk Tertimpa Longsor di Cianjur
Rumah warga yang ambruk diterjang longsor di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Longsor dan luapan sungai terjadi di Desa Cibulih, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). Akibat kejadian satu rumah warga ambruk dan jembatan gantung putus.

Informasi yang dihimpun, kawasan tersebut sebelumnya diguyur hujan deras sejak Rabu (6/1) malam. Intensitas hujan yang tinggi membuat tanah yang labil itu longsor. Material longsoran berupa batu besar dan tanah mengakibatkan rumah Uneh (60) ambruk.

"Rumah tersebut tertimpa batu besar yang longsor. Rumahnya ambruk hingga rata dengan tanah," ujar Kepala Desa Cibuluh Supriatna.

Saat kejadian pemilik rumah sedang keluar, sehingga tak ada korban jiwa. "Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian mencapai puluhan juta rupiah," tutur Supriatna.

Dia menambahkan selain mengakibatkan longsor yang membuat rumah milik warga ambruk, hujan deras juga mengakibatkan luapan sungai. Jembatan penghubung desa pun hanyut terbawa arus air yang meluap dan deras.

"Iya ada juga jembatan yang terputus, terbawa hanyut," ucap dia.

Supriatna mengatakan pemilik rumah saat ini mengungsi ke rumah kerabatnya. Di sisi lain, warga kini kesulitan beraktivitas karena jembatan gantung yang terputus.

"Kami berharap ada bantuan dari Pemkab untuk korban yang rumahnya ambruk dan segera dibangun jembatan baru," ujar Supriatna.

(bbn/bbn)