Gereja St Josef di Eks Tambang Emas Cikotok Tak Gelar Misa Natal

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 22:47 WIB
Tak Ada Misa Natal di Gereja St Josef Banten
Kanit Binmas Polsek Cibeber Ipda Atang Saepullah (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Kabupaten Lebak -

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, misa Natal 2020 di Gereja St Josef di lingkungan area eks tambang emas PT Aneka Tambang (Antam) di Cikotok, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, tidak dihadiri jemaah. Gereja ini dulu dikenal ramai saat aktivitas tambang emas masih beroperasi.

Di sekitar area eks tambang emas ada dua gereja. Pertama St Josef dan Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB). Malam misa natal di kedua gereja tersebut tidak dilaksanakan karena jemaah yang semakin berkurang.

Kanit Binmas Polsek Cibeber Ipda Atang Saepullah ditemui di lokasi mengatakan, tahun-tahun sebelumnya, umat kristiani di daerah ini memang selalu mengadakan Misa Natal. Namun, karena tambang sudah ditutup, jemaah semakin berkurang dan hanya tinggal beberapa orang.

"Kegiatan nihil dilaksanakan, tidak ada pelaksanaan Misa, jemaah masih ada tapi tinggal sedikit," ujar Atang di Cibeber, Kamis (24/12/2020).

Polisi tetap melakukan penjagaan dua gereja di Cikotok yang dikenal sebagai kawasan tambang Antam. Penjagaan dilakukan jika ada satu atau dua jemaah yang ingin merayakan misa natal.

"Kemungkinan ada pengaruh dari COVID-19, tapi untuk penjagaan tetap dilaksanakan 24 jam, personel juga dilibatkan ada enam orang," kata Atang.