Gerebek Rumah Mewah di Sukabumi, Polisi Temukan Drum Miras Oplosan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 21:28 WIB
Rumah Mewah Produksi Miras di Sukabumi
Polisi menyita miras oplosan di sebuah rumah mewah. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Di ruangan itu, terdapat gayung dan sebuah alat mirip pengukur dan galon air mineral. Polisi memastikan drum itu miras oplosan.

"Semua miras yang kami sita ini adalah merek yang betul-betul berkadar alkohol tinggi. Ada juga miras oplosan membahayakan seperti yang saya pegang ini adalah biang yang bisa dicampur atau dioplos menghasilkan 16 plastik," kata Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif di Mapolres Sukabumi.

Miras Oplosan di SukabumiKapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif (tengah) saat memperlihatkan barang bukti miras. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Lukman menegaskan miras oplosan bisa mengakibatkan orang yang meminumnya meninggal. Ia meminta warga tidak mengkonsumsi miras dalam bentuk apa pun.

"Kita berharap, masyarakat semuanya dalam keadaan sehat, masyarakat dalam keadaan bugar tidak mengkonsumsi miras yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Kenapa saya sampaikan seperti itu karena kita sering melihat kejadian bahwa banyak yang meninggal dikarenakan miras oplosan. Juga banyak terjadi tawuran dan kriminalitas lainnya diakibatkan mengkonsumsi miras ini," tutur Lukman.

Ia menjelaskan aktivitas meracik miras oplosan di rumah mewah tersebut sudah berjalan selama dua tahun. Ada beberapa gudang di area rumah tersebut yang dijadikan tempat penyimpanan miras.

"Aktivitas tersebut tidak tercium selama dua tahun. Saat ini kita membentuk tim untuk melaksanakan penindakan terhadap miras oplosan yang disimpan di gudang tersembunyi di rumah itu. Terkait miras oplosan ini kita kenakan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," ucap Lukman.

Rumah Bandar Miras di SukabumiPolisi menggerebek rumah bandar miras di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

(sya/bbn)