Wali Kota Bandung Larang Warga Rayakan Pesta Tahun Baru

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 20:51 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial.
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial melarang warga merayakan pesta perayaan menyambut tahun baru di Kota Bandung. Kebijakan itu dikeluarkan Oded melalui surat edaran 003/SE.147-Disbudpar.

Sekadar diketahui, terhitung dari Tanggal 14 Desember, Kota Bandung masih ada di zona merah penyebaran COVID-19 dan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4.601 kasus.

"Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Kota Bandung dilarang melaksanakan kegiatan perayaan pergantian tahun 2020 ke 2021, karena berpotensi menimbulkan kerumunan dan terjadi penyebaran COVID-19," kata Oded dalam surat edaran yang diterima detikcom, Selasa (15/12/2020).

Aparat siap menindak warga yang tetap nekat menggelar perayaan tahun baru. "Apabila tetap melaksanakan kegiatan tersebut maka akan dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku," kata Oded.

Sebelumnya, Oded meminta warga Kota Bandung diam di rumah saja saat malam pergantian tahun. "Saya sampaikan, sebaiknya diam di rumah, ngopi, ngabubuy hui (bakar ubi) dengan keluarga di rumah," ujar Oded.

Oded menegaskan tim gabungan diterjunkan saat pengamanan natal dan tahun baru. Massa yang berkerumun akan dibubarkan.

"Nanti akan ada patroli gabungan dan ruas-ruas jalan ditutup," ucap Oded.

Tonton video 'Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru Besar-besaran di Jabar':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)