ADVERTISEMENT

Emak-emak di Bandung Lawan Pandemi COVID-19 Lewat Tani Pekarangan

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 15:17 WIB
Emak-emak di Bandung lawan pandemi dengan bercocok tanam di pekarangan rumah
Emak-emak di Bandung lawan pandemi dengan bercocok tanam di pekarangan rumah (Foto: Yudha Maulana)

Inovasi Realistis bagi Keluarga Petani

Pendamping Ekonomi dari Yayasan Odesa Indonesia Basuki Suhardiman, tani pekarangan adalah inovasi yang paling realitis diterapkan pada keluarga petani yang memiliki lahan pekarangan. Sekalipun kegiatannya berskala kecil, tetapi bisa menjadi solusi memperbaiki sumber daya manusia di perdesaan.

"Ekonomi yang efektif itu kalau lahir dari tradisi.

Basuki mengatakan, tani pekarangan ini akan sangat baik dilakukan untuk buruh tani karena telah memiliki kemampuan menanam di ladang. Hanya saja mereka akan terus kekurangan karena panen satu tahun hanya dua kali.

"Dengan kebiasaan baru tani pekarangan mereka bisa memanen secara rutin dengan durasi mingguan," kata Basuki yang lebih 4 tahun mendampingi para buruh tani di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung tersebut.

Basuki yakin bahwa model pertanian yang relevan dengan kehidupan pekerjaan para petani akan membentuk kebiasaan positif. Hal ini bisa menjadi solusi mengatasi kemiskinan. Sebab menurutnya, akar dari kemiskinan itu sendiri disebabkan oleh akses ilmu dan pemanfaatan kesempatan. Ketika pendampingan menemukan cara yang realistis kemajuan pun bisa dicapai.

"Sebelumnya kami juga membangun model bisnis pertanian dengan pembibitan kelor. Ada belasan pembibit kelor yang ekonominya meningkat setiap bulan hanya dengan memanfaatkan halaman rumahnya. Mengatasi kemiskinan dengan target pendapatan Rp 300 hingga 700ribu per bulan merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk penduduk Indonesia saat ini." pungkasnya.


(yum/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT