Tanggal Cantik 12-12, 12 Bayi Lahir di RS Bersalin Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 17:25 WIB
Bayi Lahir 12-12 di Cirebon
12 bayi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Rumah sakit bersalin di Kota Cirebon, Jawa Barat, kebanjiran pasien melahirkan saat tanggal cantik 12-12. Tercatat ada 12 bayi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Cirebon.

Pemilik RSIA Cahaya Bunda Cirebon Yasmin Dermawan mengatakan peningkatan pasien melahirkan mencapai 300 persen saat tanggal cantik hari ini dibandingkan hari biasa saat pandemi. "Hari ini ada 12 pasien yang melahirkan," kata Yasmin kepada detikcom, Sabtu (12/12/2020).

Yasmin menyebutkan dari 12 bayi yang lahir, delapan di antaranya berkelamin laki-laki. Sisanya perempuan.

"Dari 12 pasien ini, 11 di antaranya mengikuti program. Memang permintaan (lahir di tanggal cantik). Sembilan pasien sesar, tiga pasien normal," kata Yasmin yang juga dokter spesialis kandungan itu.

Lebih lanjut, Yasmin mengatakan 12 pasien yang melahirkan usia kandungannya sudah memenuhi kriteria secara medis. Mayoritas pasien yang melahirkan memiliki riwayat sesar.

"Yang melahirkan pada tanggal tertentu dipastikan sudah memenuhi kriteria, seperti usia kandungan sudah matang antara 37 sampai 40 Minggu," kata Yasmin.

Novi, pasien RSIA Cahaya Bunda Cirebon, tak menyangka melahirkan anaknya pada tanggal cantik. "Senang melahirkan pada tanggal cantik, kaya dapat bonus 12-12-2020. Alhamdulillah bayi saya sehat, saya juga sehat," kata dia.

Warga Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, itu melahirkan anak keduanya yang berkelamin perempuan. "Alhamdulillah normal, tidak sesar," ucap Novi.

Lihat juga video 'Tanggal Cantik 20-02-2020, 7 Bayi Lahir di RSIA Asri Purwakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)