Polisi Amankan 5 Orang Mahasiswa Sukabumi Terkait Kerumunan Saat Demo

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 21:22 WIB
Polisi mengamankan lima mahasiswa terkait kerumunan massa demo
Polisi mengamankan lima mahasiswa terkait kerumunan massa demo (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Lima orang mahasiswa dari PMII Kota Sukabumi diamankan polisi karena kerumunan saat menggelar aksi demonstrasi di Balai Kota dan DPRD Kota Sukabumi. Polisi menyebut mereka sudah memberikan peringatan terkait hal itu namun terkesan diabaikan.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, lima orang tersebut saat ini masih dimintai keterangan terkait aksinya tersebut. Menurut Sumarni aksi pembubaran itu merupakan langkah tegas demi keselamatan masyarakat, demi kesehatan masyarakat dalam yang lebih luas.

"Sementara ini saya cek baru lima kita mintai keterangan terkait dengan aksinya dan kita juga sudah beberapa kali memberikan peringatan memberikan himbauan tetapi tidak di gubris mereka tetap berkerumun dalam menjalankan aksinya, itu yang membuat kami sedih karena masyarakat tidak mau menjaga kesehatannya sendiri," kata Sumarni kepada awak media, Jumat (11/12/2020).

Menurut Sumarni, langkah pembubaran itu justru untuk keselamatan dan kesehatan mahasiswa yang menjalankan aksi. Karena menurutnya, virus COVID-19 masih menjadi pandemi di Kota Sukabumi.

"Menjaga kesehatan teman temannya kita tidak tahu siapa diantara mereka yang membawa virus, karena banyak sekarang ini OTG orang tanpa gejala bisa saja menularkan virusnya tanpa dia sadari, itu yang kita hindari kita ingin cegah tapi kelompok ini tidak mengindahkan sama sekali peringatan petugas, akhirnya kami bubarkan secara paksa," lanjut Sumarni.

Selain anggota PMII polisi juga mengamankan pimpinan pada aksi demonstrasi di Gedung Balai Kota dan DPRD Kota Sukabumi. "Pimpinan aksinya kami mintai keterangan dan kami akan berikan sanksi tegas terkait dengan pelanggaran protokol ini," imbuhnya.

"Kami berharap seluruh lapisan masyarakat elemen masyarakat ayo kita bergandengan tangan menekan penyebarancovid 19 di KotaSukabumi maupun di KabupatenAukabumi yang ada di wilayah hukum PolresSukabumi Kota agar masyarakat semua bisa hidup normal, bisa tetap sehat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," pungkasSumarni menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2