Angin Kencang, Ribuan Gardu Listrik di Jabar Padam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 10:40 WIB
power failure Concept
Ilustrasi listrik padam. (Foto: iStock)
Bandung -

Cuaca ekstrem beberapa hari ini mengakibatkan gardu listrik di sejumlah daerah di Jabar padam. Tercatat ada ribuan gardu padam akibat angin kencang.

"Akibat cuaca ekstrem di beberapa wilayah, sebanyak 6.833 gardu padam," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha dalam keterangannya, Rabu (9/12/2020).

Agung menyatakan gardu yang padam terdapat di beberapa wilayah seperti Garut, Cianjur, Sukabumi, Cimahi, Purwakarta dan Tasikmalaya. Meski begitu, Agung mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya perbaikan.

"Dengan sigap PLN berhasil kembali mengoperasikan 4.748 gardu dan saat ini menyisakan 2.436 gardu yang belum nyala di akibatkan Cuaca yang ekstrem (angin puting beliung) dan Medan (lokasi) pegunungan dan lembah yang sulit dijangkau," tuturnya.

PLN Jabar sendiri saat ini menyiapkan beragam langkah antisipasi guna mencegah dampak akibat cuaca buruk. Salah satunya menyiapkan posko siaga dan personel siaga.

"Untuk saat ini PLN Jabar telah menyiapkan 72 posko siaga yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan sebanyak 3.799 orang personil serta menyiapkan 103 genset, 20 UPS, 99 unit gardu bergerak, 12 unit kendaraan deteksi dan 700 unit kendaraan operasional pada kondisi siaga ini," ujar Agung.

Tonton juga video 'Angin Kencang Terjang Pelabuhanratu, Warga Berlarian':

[Gambas:Video 20detik]