Angin Kencang Tumbangkan Pohon Setinggi 25 Meter di Cicendo Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 21:04 WIB
Pohon tumbang di cicendo Bandung
Foto: Yudha Maulana
Bandung -

Angin kencang yang menerpa Kota Bandung belakangan ini membuat pohon beringin setinggi 25 meter tercerabut dari akarnya di Jalan Cicendo, pada Selasa (8/12) malam. Kemacetan sempat terjadi karena pohon tumbang tersebut menutupi hampir setengah badan jalan.

Wakil Komandan Peleton I Diskar PB Kota Bandung Gunawan Suryadi mengatakan, dari laporan awal yang ia terima dikabarkan ada sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang tertimpa. Tetapi, kabar itu dipastikan tidak benar karena setelah dilakukan pemeriksaan tak ada kendaraan atau korban dalam insiden tersebut.

"Kita cek dengan jajaran dengan mobil komando, alhamdulillah tidak ada mobil atau motor yang tertimpa. Jadi yang tertimpa hanya kabel listrik dan kabel optik," ujar Gunawan di lokasi kejadian.

Pantauan detikcom hingga pukul 20.20 WIB, petugas dari Diskar PB dan DPKP3 Bandung masih mengevakuasi batang pohon tersebut. Arus lalu lintas kembali lancar, setelah petugas membersihkan material pohon dari jalan.

Gunawan mengatakan, robohnya pohon tersebut disebabkan hujan disertai angin kencang sekitar pukul 18.30 WIB. "Disebabkan karena hujan dan angin kencang, karena di beberapa tempat juga ada kejadian. Itu akarnya sampau tercerabut bisa dilihat," katanya.

Evakuasi ini, kata Gunawan, cukup sulit dilakukan karena ada kabel listrik yang tertimpa. Pihaknya pun berkoordinasi dengan PLN, karena dikhawatirkan ada kabel yang terkelupas sehingga membahayakan petugas.

Sebelumnya, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprdiksi aliran angin kencang ini akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Fenomena ini dikarenakan siklon tropis di Samudera Hindia.

"Untuk masyarakat harap bisa berhati-hati apabila parkir di temapt yang terdapat pohon rindang, soalnya kita tahu kejadiannya seperti apa. Jauhkan kendaraan terparkir di bawah pepohonan, untuk rumah yang beratap kanopi, juga pastikan kembali (keamanannya) karena ada laporan yang masuk kanopi terangkat oleh angin di Kota Bandung," katanya.

"Untuk pohon, dalam seminggu terakhir ada dua pohon besar yang runtuh, dan yang paling besar yang ini," katanya.

(yum/ern)