KPU Bandung Sebut Ada 203 TPS Rawan Bencana

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 20:25 WIB
Sebuah TPS unik menarik perhatian warga di kawasan Solo jelang pelaksanaan Pilkada 2020. Tempat pemungutan suara itu bertema antikorupsi.
Ilustrasi (Foto: Kartika Bagus/Dok. Detikcom)
Bandung -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyebut ada 203 TPS yang masuk dalam kategori rawan bencana. KPU pun melakukan koordinasi dengan BPBD untuk kemungkinan bencana terjadi di TPS.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya menyampaikan hal tersebut. Agus menyampaikan bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bandung adalah bencana banjir dan longsor.

"Ada 203 tps yang rawan bencana, yang kebanyakan adalah rawan bencana banjir," kata Agus saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Selasa (8/12/2020).

Lanjut Agus, 203 TPS tersebut berada di sembilan Kecamatan. Agus mengatakan, sembilan kecamatan tersebut yakni, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Rancabali, Pangalengan dan Kertasari.

Katanya, pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi bagi TPS yang dinyatakan rawan tersebut. Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD untuk mengantisipasi sejumlah kemungkinan.

"Tergantung kasus rawannya. Kalau banjir Kerja sama dengan bpbd, antisipasi dengan perahu. Di Pileg kemarin kita pemilih jemput di Sungai Citarum. Kita sudah koordinasi dengan BPBD dan selama ini mereka sudah berpengalaman jadi sudah bisa diantisipasi," katanya.

Selain itu, pihaknya pun menyiapkan TPS alternatif bila TPS yang berdiri tidak memungkinkan melangsungkan pencoblosan. Kemudian, Agus menyebutkan, bahwa TPS yang dekat dengan lokasi TPS dengan rumah pasangan calon tidak masuk dalam kategori rawan.

"Antisipasi lainnya adalah kita membuat TPS alternatif. Tps alternatif itu lokasinya yang dianggap lebih aman dari TPS awal," ucapnya.

"(TPS dekat rumah paslon) engga rawan, itu sama saja ya mau di TPS calon atau bukan tetap ada saksi, ada pengawas TPS, pemantau, jadi kita tidak khususkan. Tidak ada sesuatu yang berbeda," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2