Bawaslu Duga Ada Unsur Pidana soal Form C Berisi Poster Benyamin-Pilar

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 07 Des 2020 11:27 WIB
Ramai formulir pemberitahuan pemilih Pilkada Tangsel berisi poster Benyamin-Pilar
Foto: Ramai formulir pemberitahuan Pilkada Tangsel berisi poster Benyamin-Pilar (Istimewa).
Tangerang Selatan -

Ketua Bawaslu Tangerang Selatan Muhammad Acep menyatakan pembagian formulir C atau formulir pemberitahuan nyoblos yang dibagikan petugas berisi bingkisan dan poster paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan ke sejarawan Bonnie Triyana mengandung unsur pidana. Bawaslu sedang melakukan kajian atas kasus ini untuk dibawa ke Sentra Gakkumdu (penegakan hukum terpadu).

"Hari ini hasil laporan dia (Bonnie) dibuat kajian awal. Kemudian karena ini ada unsur pidananya, maka kemungkinan nanti malam sudah masuk ke Sentra Gakkumdu. Dugaanya ada unsur pidana, maka kalau ada unsur pidana, satu kali 24 jam harus masuk ke Sentra Gakkumdu," kata Acep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Tangsel, Senin (7/12/2020).

Sejarawan Bonnie sendiri sudah melapor ke Bawaslu Tangsel. Laporannya sedang dilakukan kajian oleh divisi yang mengurusi soal pelanggaran Pilkada.

"Ketika ada dugaan pidana, maka kita naikan ke Sentra Gakkumdu. Setelah itu nanti dibahas syarat materil dan formil," katanya.

Acep menuturkan bahwa, Bawaslu Tangsel sejauh ini sudah meregister 39 laporan terkait dugaan pelanggaran Pilkada. Ada satu kasus pidana politik uang yang dilakukan oleh Willy Prakasa dalam rangka mendukung pasangan Benyamin-Pilar bahkan sampai vonis di pengadilan.

"Yang masuk ke Gakkumdu ke proses pengadilan yang Willy Prakasa, kalau itu bagi-bagi uang dalam rangka mendukung paslon nomor urut 3 (Benyamin-Pilar). Ini sampai pidana money politik, ini sudah divonis 3 tahun, kasusnya di Serpong. Dia bagi-bagi uang sama warga, sama orang yang sedang main bola" pungkasnya.

Sebelumnya, pembagian formulir pemberitahuan agar warga mencoblos di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) dibarengi dengan pemberian bingkisan bergambar Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Hal ini sebagaimana diceritakan sejarawan asal Tangsel Bonnie Triyana dan sempat ditweet pada pukul 14.40 WIB. Ia menuliskan soal dibagikan formulir C pemberitahuan untuk memilih dan diberikan bingkisan berisi stiker dan brosur program pasangan Benyamin-Pilar.

"Benar, isinya ada mug (gelas) gambar Benyamin-Pilar, masker warna kuning, brosur program dan stiker," kata Bonnie saat dihubungi lebih lanjut oleh detikcom, Tangsel, Minggu (6/12).

Menurutnya, saat itu ada petugas yang datang membagikan formulir pemberitahuan. Petugas lantas memberi bingkisan dan menyebut bahwa bingkisan adalah titipan dari Benyamin-Pilar untuk warga.

Petugas itu sendiri datang menggunakan motor dan terlihat membawa banyak bingkisan serupa yang ia terima digantung di motornya.

"Saya dibagikan formulir C oleh orang yang membagikan, itu tugasnya KPPS, ini kan masa tenang, KPPS kan tugasnya membagikan formulir C, tidak boleh membagikan APK (alat peraga kampanye) begini," ujarnya.

(bri/mso)