Jelang Pilbup Tasikmalaya, 9 Orang Panwas Positif Corona

Deden Rahadian - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 14:38 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Tasikmalaya -

Sebanyak sembilan orang panitia pengawas (panwas) Pilbup Tasikmalaya di tingkat desa dan kelurahan terpapar virus Corona atau COVID-19. Mereka mayoritas masuk kategori orang tanpa gejala.

"Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menindaklanjuti hasil reaktif rapid test 40 orang pengawas kelurahan-desa (PKD) dan TPS (tempat pemungutan suara) dengan uji swab. Hasilnya, terdapat sembilan orang yang terpapar COVID-19," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Djuanda, Jumat (4/12/2020).

Sembilan orang panwas tersebut terdiri tujuh pengawas TPS dan dua pengawas kelurahan atau desa. Mereka dipastikan tidak bisa melaksanakan tugas pengawasan di TPS.

Bawaslu langsung melakukan pergantian kepada tujuh pengawas TPS yang positif COVID-19. Sementara dua pengawas kelurahan dan desa yang positif menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dan tugasnya digantikan oleh Panwascam.

"Tujuh orang PTPS sudah di-PAW (pergantian atar waktu), sudah dilakukan pergantian dan Panwascam di kecamatan sudah melakukan pelantikan terhadap pengawas TPS. Untuk dua orang PKD yang positif COVID-19 diharuskan menjalani isolasi mandiri. Sedangkan tugasnya akan digantikan oleh teman-teman Panwascam di kecamatan," tutur Dodi.

Sembilan orang positif Corona itu diduga terpapar dari luar aktivitas pengawasan pemilu. "Kemungkinan bisa saja terpapar dari lingkungan sekitarnya atau dari mana. Adanya kejadian ini, Bawaslu meminta agar masyarakat tidak khawatir datang ke TPS karena sudah ditangani dan dilakukan pergantian," ujar Dodi.

(bbn/bbn)