Soroti Pemekaran DOB di Jabar, Ridwan Kamil: Kami Terus Perjuangkan

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 14:29 WIB
Ridwan Kamil minta buruh terima keputusan pemerintah terkait Omnibus Law Ciptaker
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menyoroti pemekaran daerah otonomi baru (DOB) di Jawa Barat dalam Acara Musrenbang Perubahan RPJMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/11). Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu, idealnya Jawa Barat memiliki 40 kabupaten/kota untuk menaungi penduduknya yang berjumlah hampir 50 juta orang. Saat ini, Jabar memiliki 27 kabupaten/kota, yang salah satu kabupatennya memiliki jumlah penduduk lebih dari 5 juta jiwa.

Ia menjelaskan jumlah dana alokasi umum dari pemerintah pusat tak menjadikan jumlah penduduk sebagai acuan kucuran dana alokasi umum, namun melandaskan kepada jumlah kabupaten/kota di suatu provinsi. "Selama proses politik ini berlangsung, saya sudah meminta kepada pemerintah pusat agar anggaran dana alokasi umum dan dana transfer ke Jawa Barat itu bisa diadilkan melalui proporsi jumlah penduduk," tutur Emil.

Dia membandingkan antara dana desa Jawa Tengah yang lebih banyak Rp 2 triliun dibandingkan Jawa Barat. Hal itu dikarenakan jumlah desa di Jawa Tengah lebih banyak yakni mencapai 8.000 desa, sementara di Jabar hanya 5.300 desa. Meskipun dari segi penduduk, Jabar memiliki jumlah penduduk lebih banyak.

"Inilah perjuangan politik juga selama dua-tiga tahun ke depan yang terus kami perjuangkan, agar pembangunan Jawa Barat bisa meningkat melalui inovasi," kata Emil.

Ketimpangan ini, ujar Emil, berdampak pada optimalisasi pelayanan publik dan pergerakan ekonomi. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jabar per 2019, Jabar sendiri memiliki luas wilayah lebih dari 35 ribu kilometer persegi dengan 27 kabupaten/kota yang terdiri dari 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

Forum Koordinasi Desain Penataan Kota (Forkodetada) Jabar dan Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) beraudiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (3/11). Dalam pertemuan itu, Forkodetada Jabar mengajukan sembilan pemekaran sembilan wilayah CDOB yaitu Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Selanjutnya
Halaman
1 2