Pihak Habib Rizieq Tolak Tes Swab Ulang, Bima Arya: Saya Akan Datangi

M Sholihin - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 20:21 WIB
Bima Arya
Foto: Wali Kota Bogor Bima Arya (Pemkot Bogor).
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkap pihak keluarga menolak dilakukannya tes swab ulang kepada Habib Rizieq Shihab. Dia mengaku mendapat laporan dari tim Dinkes Bogor yang dikirim ke RS UMMI tempat Habib Rizieq dirawat.

"Kita kan menjalankan undang-undang, ada mandat menjalankan undang-undang karantina, jadi Rumah Sakit UMMI itu masih wilayah NKRI, wilayah Kota Bogor, wilayah saya, enggak bisa sembarangan menolak," kata Bima Arya di Balaikota Bogor, Jumat (27/11/2020) malam.

"Iya, pihak keluarga (yang menolak)," tambah Bima.

Bima mengaku akan meminta penjelasan langsung kepada pihak keluarga termasuk RS UMMI terkait penolakan tes swab ulang kepada Habib Rizieq.

"Saya akan datangi, saya akan minta penjelasan kenapa menolak (diswab)," kata Bima Arya yang langsung masuk ke mobilnya menuju RS UMMI.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya akan melakukan tes swab ulang kepada Habib Rizieq Shihab (HRS). Swab ulang dilakukan untuk memastikan semua prosesnya sesuai dengan aturan dan standar kesehatan.

"Artinya sebagai Ketua Satgas adalah, yang sangat baik adalah dilakukan swab ulang, tes swab ulang kepada Habib Rizieq Shihab untuk memastikan semua sesuai dengan standar kesehatan," kata Bima

"Tentu kita berharap semua, Habib tidak dalam hal yang tidak baik dalam hal kesehatan, kita berharap Habib sehat. Tapi untuk itu kan perlu dipastikan semua prosedurnya, yang melakukannya, lab-nya, semua harus disepakati bersama," tambah Bima.

Sore tadi, tim dari Dinkes dan RSUD Kota Bogor diberangkatkan oleh Bima Arya ke RS UMMI untuk melakukan tes swab ulang terhadap Habib Rizieq Shihab. Ia berharap, Habib Rizieq Shihab dan keluarga mau bekerjasama dengan Pemkot Bogor dalam pelaksanaan swab ulang.

"Tadi pihak RS UMMI telah menerima apa yang saya sampaikan, pihak rumah sakit siap untuk bekerjasama dan berkoordinasi. Dan saya berharap tentunya pihak keluarga, wa bil khusus Habib Rizieq juga diharap akan bekerjasama untuk melakukan hal itu (swab ulang)," kata Bima.

(mso/mso)