Stadion Watubelah Cirebon Akan Disulap Jadi Tempat Isolasi

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:14 WIB
Stadion Watubelah Cirebon
Stadion Watubelah Cirebon (Foto: istimewa)
Cirebon -

Pemkab Cirebon berencana menyulap Stadion Watubelah menjadi tempat isolasi pasien positif COVID-19. Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif COVID-19 yang harus mendapat perawatan medis.

"Ini salah satu antisipasi agar tetap memberikan pelayanan kesehatan, terutama yang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (26/11/2020).

Rahmat mengatakan pihaknya bekerja sama dengan RSUD Arjawinangun untuk mengelola Stadion Watubelah sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Rahmat mengaku tengah mengkaji terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan.

"Kita masih analisis dulu kebutuhannya. Kalau sudah siap, baru Stadion Watubelah ini bisa dipergunakan (untuk tempat isolasi)," kata Rahmat.

Tak hanya untuk perawatan pasien yang bergejala, Rahmat mengatakan Stadion Watubelah juga rencananya dijadikan tempat isolasi bagi pasien positif COVID-19 kategori orang tanpa gejala (OTG). "Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 ini adalah yang OTG. Jadi, Kita akan merawatnya. Agar tidak berinteraksi dengan yang lainnya," kata Rahmat.

Sementara itu, Direktur RSUD Arjawinangun Cirebon Bambang Sumardi mengatakan kebutuhan tempat isolasi pasien positif COVID-19 sangatlah mendesak. Sebab, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 . Kendati RSUD Arjawinangun Cirebon telah menambah tempat tidur pasien.

"Karena di kita juga masih ada yang masuk daftar tunggu. Rencananya ada dua lokasi yang akan digunakan sebagai tempat isolasi, yaitu Stadion Watubelah dan eks RSUD Arjawinangun. Tapi, sekarang kita fokus ke Watubelah dulu," kata Bambang.

(bbn/bbn)