Heboh Aplikasi Loker Diretas, Pemkab Karawang: Hoaks dan Tetap Tenang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 16:06 WIB
ilustrasi hoax
Foto: ilustrasi/thinkstock
Karawang -

Beredar di media sosial yang mengabarkan aplikasi penerimaan pegawai atau lowongan kerja (loker) buatan Pemda Karawang diretas pada Rabu (25/11/2020) pagi. Informasi tersebut diunggah oleh akun Instagram @karawang_kekinian. Kabar itu bikin heboh dan membuat ribuan pencari kerja di Karawang bertanya-tanya.

Dilihat detikcom, dalam kolom aplikasi itu terdapat tulisan diretas Bandung6etar. "Sampai saat ini, aplikasi loker karawang belum bisa diakses. Karena muncul tulisan di kolom persyaratan (DIRETAS OLEH BANDUNG 6ETAR). Dengan keluarnya keluhan pencari kerja semoga pihak pemda Karawang bisa melihat dan memperbaiki aplikasinya biar bisa normal kembali," tulis @karawang_kekinian.

Pemkab Karawang membantah informasi tersebut. Plt Kepala Dinas Kominfo Karawang, Asep Aang Rachmatullah menyatakan informasi tersebut hoaks. "Alhamdulillah aplikasi infoloker berjalan normal. Informasi yang beredar di media sosial yang menyatakan aplikasi infoloker diretas adalah hoaks. Bahkan saat ini ada sembilan lowongan kerja yang sedang dibuka oleh perusahaan melalui aplikasi infoloker", kata Aang, Rabu (15/11/2020).

Aang mengimbau ribuan pencari kerja di Karawang tak terpancing. "Para pencari kerja tetap tenang, aplikasi dalam keadaan terkendali," ujar Aang.

Meski begitu, Aang mengakui masih ada kendala dan kekurangan dalam kinerja aplikasi tersebut seperti akses yang sedikit lambat (loading) ketika dibuka. Namun, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan kinerja, kenyamanan dan keamanan aplikasi loker itu.

Caranya, meningkatkan server sejumlah perangkat keras lainnya. Termasuk mengoptimalkan pengaturan aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga sudah menerapkan SSL (Secure Socket Layer) untuk meningkatkan keamanan aplikasi.

"Ini sekalian menjawab sejumlah keluhan masyarakat yang mendaftar melalui aplikasi kami. Intinya kami masih terus berbenah," kata Aang.

Selanjutnya
Halaman
1 2