BEM Unjani Tak Setuju Kuliah Tatap Muka 2021, Ini Alasannya

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 16:28 WIB
Poster
Ilustrasi (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) turut memberikan respons terkait pengumuman Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim soal kuliah tatap muka pada Januari 2021.

Ketua BEM-KM Unjani Aziz Dwi Maulidiansyah menegaskan tidak setuju jika kuliah tatap muka dibuka pada 2021. Untuk kuliah kembali di saat COVID-19 belum teratasi secara sepenuhnya, menurut dia, memiliki banyak risiko mulai dari fasilitas pendidikan yang belum mumpuni hingga kurikulum yang tidak terpusat.

"Tidak setuju, karena terlalu terburu-buru. Tidak semua memiliki sarana yang lengkap untuk bisa melaksanakan kuliah secara langsung (sesuai protokol kesehatan)," kata Aziz kepada detikcom, Senin (23/11/2020).

Dia mengatakan pemerintah daerah juga belum tentu setuju dan akan bertanggung jawab terkait kuliah tatap muka 2021. "Pemda-pemda juga belum tentu bisa mengizinkan melihat kondisi sekarang," ujarnya.

Menurut Aziz, tidak bisa pengawasan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi perlu dari elemen lainnya. "Waktu itu kami sempat advokasi ke LL-DIKTI Wilayah IV bahwa lebih baik penegasan untuk dipergunakannya mahasiswa untuk menjadi Satgas COViD-19 di lingkup pendidikan itu juga diperlukan," tutur Aziz.

Simak video 'Nadiem Jelaskan Dampak Negatif Belajar Jarak Jauh Terlalu Lama':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2