Kronologi Penanganan Kasus Kades Perkosa Anak Eks Timses di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 14:01 WIB
Poster
Ilustrasi kasus kejahatan seksual. (ilustrasi: Edi Wahyono)
Garut -

Polisi menetapkan seorang oknum kepala desa (kades) di Garut sebagai tersangka dalam kasus pemerkosaan yang diduga dilakukannya terhadap anak mantan tim suksesnya.

Dalam kasus ini, korban mengaku diperkosa oleh sang kades beberapa kali sejak awal tahun 2020 lalu. Kejadian itu disebut-sebut berlangsung di rumah korban yang terletak di Kecamatan Cikelet.

detikcom merangkum waktu proses penegakan hukum polisi terhadap kasus tersebut. Sejak awal kasus itu dilaporkan hingga sang kades menjadi tersangka. Berikut rinciannya.

Senin 7 September 2020

Pihak korban bersama kuasa hukumnya melaporkan kasus dugaan pemerkosaan yang menimpa korban ke Polres Garut. Hal tersebut dibenarkan kuasa hukum korban, Muchlis Nugraha.

Dalam keterangannya, Muchlis berpendapat bahwa kliennya menjadi korban pencabulan, sebagaimana diatur dalam Pasal 81 dan Pasal 82 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Pelaporan itu dibuktikan dengan surat tanda terima laporan polisi nomor: LP/B/410/IX/2020/JBR/RES GRT.

Jumat 2 Oktober 2020

Pihak kepala desa yang menjadi terlapor angkat bicara terkait kasus ini. Melalui kuasa hukumnya, Syam Yousef, kades membantah tuduhan pelapor.

"Jelas kami membantah. Kejadian itu tidak benar," ucap Syam Yousef saat dikonfirmasi detikcom, Jumat 2 Oktober 2020.

Syam menjelaskan kliennya tidak pernah melakukan tindakan pemerkosaan seperti yang dituduhkan korban. Sang kades mengaku hanya pernah dipijat oleh korban.

Pihak kades bahkan menilai banyak kejanggalan dari kesaksian yang diberikan korban kepada polisi. Korban disebut melebih-lebihkan keterangan.

"Memang Pak Kades pernah dipijit sama anak ini saat masuk angin. Tapi itu atas suruhan bapaknya (korban) dan disaksikan oleh banyak orang. Ada ibu-bapaknya, ada sopir kades juga," tutur Syam.

Lihat juga video 'Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Petani di Mamuju Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3