2 Pria Tersesat dan Lemas Saat Cari Bunga di Gunung Gede

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 12:07 WIB
Dua Pria Tersesat di Gunung Gede Sukabumi
Petugas menemukan dua pria tersesat di Gunung Gede Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Dua pria, Elsan dan Yusup, sempat dilaporkan hilang saat mencari bunga di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) saat mencari bunga di hutan Damar. Setelah proses pencarian hingga 18 jam, petugas menemukan keduanya dengan keadaan selamat.

Informasi yang diberikan Camat Kadudampit Jenal Abidin, keduanya masuk ke kawasan hutan sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (20/11/2020). Hingga petang, keduanya tidak kunjung pulang.

"Mereka pergi dari rumahnya sekitar jam 13.00 WIB berangkat dua orang ke hutan untuk mencari bunga, sorenya pihak keluarga melaporkan mereka tidak kembali ke rumah diduga karena tersesat," kata Jenal melalui sambungan telepon, Sabtu (21/11/2020).

Keduanya diketahui berasal dari Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Identifikasi dilakukan termasuk mengenali ciri-ciri terakhir keduanya. Elsan diketahui mengenakan jaket abu-abu dan celana training sementara Yusuf mengenakan kaus dan celana panjang lengkap membawa karung dan golok.

"Mereka berpamitan memang mau berangkat ke gunung mencari kembang (bunga). Saat itu diketahui juga korban tidak membawa bahan makanan dari rumah dan tidak membawa alat komunikasi apapun. Setelah dikabarkan hilang, warga dibantu relawan, BPBD, petugas kecamatan-desa, Satpol PP, BPBD, TNI - Polri melakukan pencarian," tutur Jenal.

Hasil pemetaan dan perkiraan, dua orang tersebut, tersesat di tengah hutan damar TNGGP sekitar Blok Island, pintu masuk sekitar lapangan Lebak Siuh. Upaya pencarian yang dilakukan sejak sore dan malam kemarin, namun keduanya tidak ditemukan.

"Pencarian dilakukan hingga dua gelombamg, sejak kemarin hingga malam. Sampai akhirnya pagi tadi keduanya ditemukan sekitar pukul 07.00 WIB. Petugas membawa peralatan tanggap darurat, mereka ditemukan di ketinggian 1400 Mdpl," ujar Jenal.

"Keduanya lemas, sudah mendapat penanganan pertolongan pertama, proses pencarian dihentikan," kata Jenzal

(sya/bbn)