Jumlah ODHA di Kota Cirebon Meningkat 200 Kasus Selama Pandemi

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 17:16 WIB
Laboratory Request, Hiv Test, Hiv Positive
Ilustrasi (Foto: iStock)
Cirebon -

Jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kota Cirebon, Jawa Barat, meningkat selama pandemi COVID-19. Totalnya mencapai 200 ODHA anyar yang tercatat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon.

Sekretaris KPA Kota Cirebon Sri Maryati mengatakan penyebab meningkatnya jumlah ODHA selama pandemi dikarenakan enggan untuk berobat secara rutin di rumah sakit. Sri tak menampik kesadaran untuk berobat secara rutin masih minim.

"Kesadaran berobat HIV ini masih sangat minim dan menjadi masalah. Mereka (ODHA) menganggapnya baik-baik saja, merasa sehat. Sehingga mereka merasa tidak perlu mengakses obat," kata Sri di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (19/11/2020).

Kendati ada peningkatan selama pandemi, menurut Sri, jumlah ODHA pada 2019 sebanyak 1.252 kasus. "Sekarang meningkat 200 kasus. Totalnya tahun ini 1.500 kasus. Sebelumnya 1.252 kasus," kata Sri.

Sri juga menyayangkan minimnya kesadaran ODHA untuk berobat rutin. Dari total kasus yang ditemukan tahun ini, hanya 600 ODHA anyar yang bersedia untuk menjalani pengobatan. "Targetnya 60 persen, harusnya sampai 900 orang yang berobat. Artinya baru 45 persenan dari total kasus," kata Sri.

Sri menambahkan KPA Kota Cirebon tetap membujuk ODHA untuk rutin berobat. KPA menerjunkan petugas untuk melakukan pendekatan terhadap ODHA.

"Harapannya kita ingin mereka sadar untuk berobat," kata Sri.

(bbn/bbn)