Pemohon Uji Mutu Biji Kopi di Jabar Meningkat Saat Masa Pandemi

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 14:36 WIB
ilustrasi biji kopi
Ilustrasi biji kopi (Foto: thinkstock)
Bandung -

Pemohon layanan uji mutu kopi mengalami peningkatan di UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (UPTD BPSMB) Agro Bandung sepanjang 2020 ini. Kepala UPTD BPSMB Disperindag Jabar Rinny Cempaka mencatat jumlah pelaku usaha agro terbanyak mengajukan permohonan terbanyak terjadi pada Februari 2020 yang mencapai 50 pemohon.

"Ada peningkatan. Terutama dengan sudah dilakukannya pelayanan pengujian mutu biji kopi dan mutu beras," kata Rinny saat dihubungi wartawan, Kamis (12/11/2020).

Rinny mengatakan antusiasme warga selaku pelaku usaha sangat tinggi untuk menguji biji kopi ke UPTD BPSMB Agro Bandung. Hal itu juga didukung dengan dilakukannya pengujian uji mutu biji kopi gratis bagi pelaku usaha.

Meski demikian, ucap Rinny, jumlah pemohon izin mengalami pengurangan selama Maret-Juni 2020, pengujian di UPTD pun sedikit. Kejadian itu dikarenakan belum masuknya masa panen kopi, ditambah pengaruh dari pandemi COVID-19.

"Tapi pada Juli 2020 sampai dengan Oktober 2020, terjadi peningkatan kembali. Hal ini disebabkan oleh diadakannya kembali pengujian biji kopi gratis tahap kedua," ujarnya.