Selama Cuti Bersama, Penumpang KA di Cirebon Capai 22 Ribu

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 15:42 WIB
Ilustrasi Kereta Api DAOP 5 Purwokerto
Ilustrasi (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Cirebon -

Selama libur panjang dan cuti bersama okupansi penumpang kereta api (KA) di seluruh stasiun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan hari biasa.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan selama libur panjang dan cuti bersama, atau dari 27 Oktober hingga 1 November kemarin total penumpang yang naik dari seluruh stasiun di Daop 3 Cirebon mencapai 12.241 orang. Sedangkan, untuk penumpang yang turun atau kedatangan mencapai 10.673 orang. Jika diakumulasikan mencapai 22.854 penumpang.

Luqman mengatakan sepekan sebelum libur panjang dan cuti bersama, atau dari tanggal 20 sampai 25 Oktober 2020 jumlah penumpang mencapai 5.510 orang, baik yang naik maupun turun di seluruh stasiun di Daop 3 Cirebon.

"Kereta yang beroperasi juga lebih banyak dibandingkan biasanya. Puncak libur panjang dan cuti bersama itu terjadi pada Minggu (1/11) kemarin, tercatat 2.415 penumpang yang naik. Dan, sebanyak 1.159 penumpang yang turun," kata Luqman.

Luqman menambahkan pada Minggu (1/11) kemarin pihak PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan KA Argo Cheribon dan Ranggajati. Argo Cheribon melayani dua perjalanan yakni relasi Cirebon-Gambir. Sedangkan Ranggajati melayani satu perjalanan Cirebon-Jember.

"Penambahan perjalanan tersebut untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat," tuturnya.

Luqman menjamin penumpang selalu diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 selama di stasiun dan kereta. Pihaknya juga mewajibkan rapid test bagi penumpang.

(mud/mud)