6 Tips Bepergian Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan di Jabar

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 08:12 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Ilustrasi hujan deras. (Ilustrator: Zaki Alfarabi)
Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah meramalkan potensi hujan disertai fenomena La Nina yang melanda di berbagai daerah se-Indonesia. Puncak musim hujan diprediksi akan berlangsung pada Januari hingga Februari 2021.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada terkait bencana-bencana yang diakibatkan oleh hujan lebat seperti banjir dan tanah longsor di Jawa Barat (Jabar). Selain itu, diimbau juga untuk menjaga kesehatan dan keamanan diri dan keluarga.

Di waktu bersamaan, ada beberapa kegiatan yang tetap tidak bisa dihindari meskipun saat musim hujan. Seperti para pekerja ojek online, jasa antar barang, dan lain-lain.

Dihimpun detikcom, Senin (2/11/2020) inilah 6 tips bepergian saat musim hujan:

1. Pelajari Pola Turun Hujan

Cobalah untuk memperkirakan setiap turun hujan, mulai dari waktu dan berapa lama hujan turun. Karena secara umum, hujan ini bisa diprediksi dan kejadiannya tidak berbeda jauh dari hari-hari sebelumnya.

2. Cek Prakiraan Cuaca Setiap Hari

Menanggapi soal pola turun hujan, penting juga untuk melihat prediksi cuaca setiap hari melalui kanal resmi BMKG. Mereka selalu meng-update informasi prakiraan cuaca ditambah dengan potensi waspada dini terkait hujan apakah besar, sedang, atau disertai angin kencang.

3. Siapkan Perlengkapan Musim Hujan

Perlengkapan sederhana seperti payung dan jas hujan harus jadi satu kit saat bepergian di musim hujan. Sehingga perjalanan lebih aman dan dapat terhindar dari kehujanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2