Libur Cuti Bersama, Mobil Parkir Liar di Bandung Bakal Diderek

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 12:27 WIB
Polres Sukabumi derek mobil
Ilustrasi derek mobil. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bandung -

Polisi lalu lintas menyiagakan personel guna mengamankan libur cuti bersama pada akhir Oktober ini. Personel disebar guna menyisir parkir-parkir liar di Kota Bandung.

"Kita melakukan kegiatan penertiban parkir liar di Kota Bandung. Sasarannya parkir kendaraan yang tidak sesuai tempatnya atau ada larangan parkir tapi tetap parkir," ucap Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol M Rano Hadiyanto di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (28/10/2020).

Penyisiran parkir liar akan dilakukan personel kepolisian bersama instansi terkait lainnya seperti petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP Kota Bandung dan Polisi Militer. Total ada ratusan personel yang dikerahkan mencari mobil dan sepeda motor yang nekat parkir sembarangan.

Rano menuturkan tindakan yang akan dilakukan yakni memberikan teguran lisan hingga pemberian sanksi. Bahkan, petugas akan melakukan penderekann mobil yang terbukti menghalangi lalu lintas.

"Bertahap mulai dari imbauan teguran lisan apabila memang cara parkir berakibat fatal kemacetan parah maka dilakukan penilangan, cabut pentil dan penderekan," katanya.

Kabid PDKT Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan petugas yang dikerahkan dibagi menjadi dua. Ada yang menyisir ke arah Barat dan Timur.

"Titiknya ada barat timur Dishub bagi dua, Satpol dibagi dua dan lantas dibagi dua. Ini menjadi barometer agar lalin lancar," tutur Asep

(dir/bbn)