Libur Cuti Bersama, Jalur Wisata di Sukabumi Dikawal Tim Urai

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:47 WIB
Polisi Atur Lalu Lintas di Sukabumi
Polisi atur lalu lintas di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Polres Sukabumi menyiagakan ratusan personelnya untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan bertepatan libur cuti bersama. Tidak hanya soal penegakan protokol kesehatan (prokes), titik-titik rawan bencana juga dipantau aparat kepolisian.

Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif mengatakan setiap hari ada 400 personel yang melaksanakan pengamanan momen libur panjang. Titik-titik wisata hingga tempat menginap akan mendapat perhatian khusus polisi dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan kepatuhan prokes para wisatawan.

"Hari ini ada 400 personel akan kami terjunkan di titik-titik wisata mulai dari pantai dan tempat wisata lainnya. Selain itu mengingat masih dalam suasana pandemi COVID-19 kepatuhan soal protokol kesehatan juga jadi perhatian kami, sosialisasi tetap jalan," kata Lukman melalui sambungan telepon, Rabu (28/10/2020).

Curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir juga tak luput dari perhatian kepolisian. Beberapa kejadian bencana terjadi di Sukabumi, kecepatan penanganan dan bantuan evakuasi dikatakan Lukman sudah tersampaikan hingga ke Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Sukabumi.

"Soal kebencanaan mulai dari tanah longsor dan banjir sudah saya arahkan kepada seluruh personel kepolisian mulai dari polsek jajaran. Seperti kejadian longsor di Kecamatan Caringin kemarin, saya langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk memonitor proses evakuasi puing dan longsoran," ujarnya.

"Kita kerja sama dengan Kodim 0622, jadi dari masing masing koramil menerjunkan para anggota. Intensitas mulai tinggi kita juga persiapkan bergabung dengan TNI dan BPBD untuk penanganan lanjutannya," tutur Lukman menambahkan.

Untuk mengendalikan arus kendaraan yang diprediksi mulai masuk ke kawasan wisata, Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi sudah menempatkan anggota tim urai di setiap polsek dan penempatan anggota di titik yang rawan kemacetan.

"Untuk antisipasi membeludaknya kendaraan, kami menyiapkan ratusan personel di wilayah perlintasan di wilayah Kota Sukabumi, Cianjur, Bogor dan antisipasi utama di jalur wisata. Karena kita enggak punya jalur alternatif, tetap menyiagakan tim urai, ploting personel di titik rawan macet. Semoga aktivitas lokal juga tidak terlalu tinggi," ucap AKP Riki FM, Kasatlantas Polres Sukabumi.

(sya/bbn)