Hari Pertama Libur Panjang, Wisatawan Mulai Padati Wisata Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:16 WIB
Kawasan wisata Lembang mulai dipadati wisatawan
Kawasan wisata Lembang mulai dipadati wisatawan (Foto: Whisnu Pradana)
Lembang -

Hari pertama libur panjang Oktober 2020, kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat mulai dipadati wisatawan dari berbagai daerah sejak pagi hari. Arus lalulintas terpantau ramai lancar.

Kerumunan wisatawan berjejer di pintu masuk objek wisata, salah satunya The Great Asia Africa. Sesaat setelah mulai dibuka, wisatawan mulai berdesakan demi masuk ke objek wisata lantaran belum terlalu ramai.

Petugas keamanan terlebih dahulu melakukan pengecekan protokol kesehatan seperti pengukuran suhu, penggunaan masker, dan menjaga jarak. Baru setelah itu pengunjung dipersilakan membeli tiket untuk masuk ke objek wisata.

"Situasi arus lalulintas di kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang ini terpantau ramai lancar. Wisatawan mulai berdatangan juga ke objek wisata," ungkap Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah, Rabu (28/10/2020).

Pihaknya turut melakukan penertiban wisatawan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. "Karena masih pandemi jadi kita berikan imbauan untuk mematuhi prokes setelah melakukan penertiban pengunjung yang tidak menjaga jarak karena berebut masuk ke objek wisata," tuturnya.

Pada hari pertama libur panjang ini pihaknya memprediksi peningkatan volume kendaraan mulai siang hari. Bila terjadi kepadatan pihaknya bakal menerapkan CB oneway.

"CB hari ini apabila ada antrean kendaraan di batas Kota Bandung maupun RSUD Lembang akan melakukan penarikan, tapi penerapannya akan kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Untuk pengalihan arus tidak akan dilakukan ke semua jalan alternatif karena ada beberapa ruas jalan yang sedang perbaikan," jelasnya.

Sementara puncak kunjungan wisatawan diperkirakan terjadi pada hari Jumat (30/10/2020) nanti. "Puncak kunjungan wisatawan diprediksi baru terjadi pada hari Jumat nanti, karena mereka biasanya menginap sampai Minggu. Tapi hari ini juga dari luar kota sudah mulai banyak yang datang," tandasnya.

(mud/mud)