Jabar Hari Ini: Ridwan Kamil Temui Ganjar-Banjir Bogor Belum Surut

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 19:04 WIB
Ridwan Kamil bertemu dengan Ganjar Pranowo
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (istimewa).
Bandung -

Banjir melanda kawasan perumahan di Bogor dan Bandung. Selain itu, ada pula kisah Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Berikut rangkuman berita dalam Jabar hari ini:

Banjir Rendang Bogor-Bandung

Banjir di Perumahan Griya Cimanggu Indah, Kota Bogor, hingga kini belum surut. Banjir yang menggenangi rumah warga sejak Sabtu (24/10) malam itu makin meluas.

Pantauan detikcom, Senin (26/10/2020), pukul 09.30 WIB, banjir masih menggenangi rumah warga di perumahan Griya Cimanggu Indah Kota Bogor. Tinggi genangan air cenderung tidak berubah, masih setinggi sekitar satu meter atau setinggi pinggang orang dewasa bahkan meluas ke titik lain yang sehari sebelumnya belum tersentuh air.

Jalan utama perumahan yang sebelumnya masih normal, kini sudah digenangi air setinggi sekitar 20 sentimeter. Rumah-rumah warga yang sebelumnya tidak tersentuh genangan air, mulai terendam sejak semalam.

"Kemarin air belum sampai ke rumah saya, jaraknya masih 3 rumah sebelum rumah saya. Terus kemarin sore mulai naik, sekarang sudah sampai pintu rumah," kata Lalan, warga Perumahan Griya Cimanggu Indah.

"Saya berharap permasalahannya segera teratasi, dan banjir surut. Saya tinggal sudah 7 tahun disini, tapi baru kali ini banjir sampai seperti ini," dia menambahkan.

Sementara itu, petugas masih berupaya memperbaiki lubang saluran air yang tertutup longsoran. Lubang yang tersumbat ini menjadi biang kerok terjadinya banjir dan tidak juga surut hingga hari ini. Dua unit alat berat dikerahkan ke titik lubang yang tersumbat untuk menggali dan mengeruk material longsoran.

Selian di Bogor, banjir juga melanda Kota Bandung.
Banjir hampir setinggi atap rumah sempat terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020) sore sekira Pukul 16.00 WIB.
Dari informasi yang dihimpun detikcom, banjir itu terjadi di RT 01 RW 02, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo.

Hal tersebut, dibenarkan oleh Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman.

"Ada (laporan banjir), di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo Pukul 16.30 WIB TMA 150 Cm. Masih dilakukan assessment oleh DKPB Kota Bandung," kata Budi via pesan singkat.

Budi menambahkan, banjir yang terjadi di Kelurahan Sukaraja sudah kembali surut. "Sudah," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Dadang Iriana mengatakan, wilayah tersebut merupakan langganan banjir. Namun, banjir yang kerap terjadi di Kelurahan Sukaraja bersifat lintasan.

"Berdasarkan laporan, saya juga dapat video tadi, cuman di daerah itu rutin, kemudian hanya melintas, tidak mengendap sampai berjam-jam," kata Dadang via sambungan telepon.

Dadang berujar, biasanya dalam waktu satu jam atau setelah hujan reda banjir di daerah tersebut surut lagi.

"Hujan reda, beberapa waktu kemudian, satu jam lah langsung surut lagi," ujarnya.

Saat disinggung, apakah banjir di daerah tersebut hampir mencapai atap rumah, pihaknya masih melakukan penghimpunan informasi.

"Oh saya belum tahu, saya harus melakukan pengecekan, anggota belum ada laporan ya," terangnya.

Menurutnya, banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut karena saluran air disana sempit.

"Sepengetahuan saya, saluran airnya kecil, kemudian limpahan dari genting, saya pernah tanya kepada ketua RW nya, memang tidak ada saluran air yang dapat menampung hujan (jika intensitas tinggi)," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5