Akhir Tahun Ini Alun-alun 'Paamprokan' Pangandaran Tuntas Dibangun

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 22:13 WIB
Pembangunan Alun-alun Pangandaran
Pembangunan Alun-alun Pangandaran. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap pembangunan ruang terbuka publik atau alun-alun di kawasan Pamugaran atau Jalan Bulak Laut pantai Pangandaran bisa tuntas akhir tahun ini. Sehingga pada tahun baru 2021, alun-alun ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal itu diutarakan Kang Emil, sapaannya, saat peletakan batu pertama pembangunan alun-alun, Jumat (23/10/2020). Alun-alun itu awalnya disebut-sebut hendak bernama Splash Park, namun Emil memilihkan nama yang lebih nyunda yaitu alun-alun Paamprokan.

"Ruang terbuka publik ini saya beri nama Paamprokan. Artinya tempat pertemuan," ucap Emil.

"Saya harap akhir tahun ini beres, jadi tahun baru bisa digunakan," Emil menambahkan.

Pembangunan alun-alun ini memanfaatkan lahan milik pemerintah provinsi Jawa Barat, sementara pembangunannya memanfaatkan dana CSR dari sebuah perusahaan properti yang memiliki lahan persis di belakang lahan tersebut.

"Prinsipnya saya tak mau ada lahan yang 'nganggur'. Padahal lahan itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan kebahagiaan masyarakat dan lainnya. Makanya kita kerja samakan dengan pihak swasta," tutur Emil.

Dia meminta setelah selesai dibangun nanti, alun-alun ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak terutama masyarakat Pangandaran. "Sering-sering bikin event di sini. Hiasi tamannya dengan bunga yang berwarna-warni agar bisa menarik pengunjung," kata Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2