Muncul Klaster Es Jus di Pangandaran, 1 Guru Honorer Positif Corona

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 20:42 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Pangandaran -

Klaster baru penularan virus Corona muncul di Kabupaten Pangandaran. Penularan lokal ini berawal dari temuan seorang warga penjual es jus di Desa Wonoharjo Kecamatan/Kabupaten Pangandaran yang positif Corona. Sampai Selasa (20/10/2020), sudah ada empat warga yang dinyatakan positif Corona dari klaster tersebut.

"Ternyata telah terjadi klaster penularan di tempat penjual minuman buah di Desa Wonoharjo," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki.

Yani menjelaskan kasus ini berawal dari gejala sakit dan sesak nafas yang dialami oleh penjual minuman tersebut. Dia sempat berobat ke sebuah klinik kesehatan. Namun karena gejalanya dianggap mencurigakan pihak klinik merujuk ke RSUD Pandega Pangandaran. "Setelah dilakukan tes swab, hasilnya positif langsung kami rawat di ruang isolasi," kata Yani.

Selain itu, pihaknya langsung melakukan penelusuran atau contact tracing terhadap 13 orang. Hasilnya tiga orang lainnya dinyatakan positif. Ketiganya terdiri dari satu karyawan, seorang anaknya dan satu konsumen.

Konsumen yang tertular merupakan seorang guru honorer yang sempat jajan ke warung minuman tersebut. "Semua pasien sudah ditangani, kami tengah melakukan upaya menutup sementara warung es jus yang berdekatan dengan sebuah rumah makan tersebut," ucap Yani.

Selanjutnya
Halaman
1 2